PENGASUHAN ORANG TUA PETANI DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DI POS PAUD FLAMBOYAN DI DESA BLONDO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Anggraini, Mega Dian (2021) PENGASUHAN ORANG TUA PETANI DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DI POS PAUD FLAMBOYAN DI DESA BLONDO KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_mega dian anggraini_17102241010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengasuhan orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak di Pos PAUD Flamboyan Desa Blondo Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengasuhan orang tua petani 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat orang tua petani dalam menerapkan pengasuhan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini terfokus pada suatu kasus mengenai pola pengasuhan 4 keluarga untuk diamati dan dianalisis secara cermat. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara untuk mengetahui pola pengasuhan orang tua petani dalam mengembangkan kemandirian anak. Sedangkan pengamatan dalam melihat pola pengasuhan orang tua petani secara langsung menggunakan observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah 4 (empat) keluarga yang orang tuanya bekerja sebagai petani dan memiliki anak berusia 3-4 tahun yang bersekolah di Pos PAUD Flamboyan Desa Blondo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dan hasil dari penelitian ini yaitu 1) pengasuhan orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak dari keluarga A, C, D lebih cenderung menerapkan pengasuhan demokratif, sedangkan keluarga B lebih cenderung menerapkan pengasuhan permisif. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengasuhan orang tua adalah latar belakang pendidikan orang tua, waktua yang diberikan orang tua untuk mendidik anak, dan lingkungan sekitar. 3) Faktor pendukung orang tua petani dalam menerapkan pengasuhan anak adalah pembiasaan yang baik, kegiatan disekitar yang positif. Dan faktor penghambatnya adalah waktu yang terbatas menjadikan orang tua sulit memantau perilaku anak ketika sedang bekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan Orang Tua, Kemandirian anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:19
Last Modified: 06 Feb 2023 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76460

Actions (login required)

View Item View Item