PEMBERDAYAAN PECANDU NAPZA ( STUDI PADA YAYASAN AL- ISLAMY PONDOK PESANTREN DAN REHABILITASI MENTAL PENYALAHGUNAAN NAPZA) PADAAN, BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULONPROGO, YOGYAKARTA

Abidyoga, Tito Pranadjati (2021) PEMBERDAYAAN PECANDU NAPZA ( STUDI PADA YAYASAN AL- ISLAMY PONDOK PESANTREN DAN REHABILITASI MENTAL PENYALAHGUNAAN NAPZA) PADAAN, BANJARHARJO, KALIBAWANG, KULONPROGO, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_tito pranadjati a_13102241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana upaya panti rehabilitasi dalam memberdayakan residen melalui program bimbingan dan pelatihan keterampilan, 2) Bagaimana peran orang tua dalam program pemberdayaan residen di panti rehabilitasi, 3) Apakah hasil yang didapat oleh residen setelah keluar dari panti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu residen, peksos, dan orangtua residen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Proses rehabilitasi merupakan proses belajar residen yang bertujuan untuk memberdayakan residen. Adapun tahapan sebelum pelaksanaan proses rehabilitasi yaitu tahap awal, cek kesehatan, dan assesmen. Kemudian proses rehabilitasi terbagi menjadi empat fase yaitu fase induksi, fase primary, fase re-entry dan fase pasca rehab. Kegiatan bimbingan dan ketrampilan dijalani oleh residen di fase re-entry. 2) Peran orangtua dalam program pemberdayaan berkaitan dengan fungsi keluarga. Adapun peran orangtua yaitu fungsi dukungan, fungsi fasilitasi dan fungsi perlindungan. Peran orangtua ataupun keluarga dalam memberi dukungan dan fasilitasi berkaitan dengan fungsi cinta kasih, sosialisasi dan pendidikan serta ekonomi. Kemudian peran perlindungan orangtua dalam hal ini berkaitan dengan fungsi perlindungan dari keluarga. 3) Proses rehabilitasi ini merupakan proses pendidikan yang didalamnya terdapat proses belajar sebagai upaya pemberdayaan. Dengan demikian, hasil yang dimaksud disini disebut juga dengan hasil belajar. Adapun hasil yang dirasakan oleh residen antara lain munculnya kesadaran untuk berhenti mengonsumsi obat terlarang, perubahan perilaku dan mental para residen, meningkatkan ketaatan beribadah, dan menumbuhkan kembali minat para residen

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rehabilitasi, pemberdayaan, pecandu narkoba, bimbingan dan ketrampilan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:59
Last Modified: 02 Feb 2023 04:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76429

Actions (login required)

View Item View Item