PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP JOB HOPPING MOTIVES PADA GURU GENERASI MILENIAL SMKS MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN

adia, Farahita Saffa (2023) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP JOB HOPPING MOTIVES PADA GURU GENERASI MILENIAL SMKS MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULLTEXT_FARAHITA SAFFA NADIA_18112141002.docx.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SMKS Muhammadiyah Kutowinangun merupakan sekolah menengah kejuruan swasta dengan mayoritas guru generasi milenial. Berdasarkan studi pendahuluan terdapat fenomena job hopping motives yang sering dilakukan oleh guru generasi milenial yang diduga berasal dari rendahnya persepsi dukungan organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap job hopping motives pada guru generasi milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian x post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 guru generasi milenial yang bekerja di SMKS Muhammadiyah Kutowinangun. Instrumen penelitian menggunakan skala psikologi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Skala psikologi tersebut yaitu skala persepsi dukungan organisasi dengan Alpha Croncbach 0,959 dan skala job hopping motives dengan Alpha Croncbach 0,953. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap job hopping motives pada guru generasi milenial di MKS Muhammadiyah Kutowinangun. Berdasarkan analisis data diperoleh taraf ignifikansi 0,000 atau p < 0,05 dengan koefisien regresi -,514 dan koefisien determinasi 0,280. Pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap job hopping motives sebesar 28%. Kata kunci: persepsi dukungan organisasi, job hopping motives, guru generasi milenial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:56
Last Modified: 02 Feb 2023 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76421

Actions (login required)

View Item View Item