Hubungan Mental Toughness Terhadap Competitive Anxiety Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli di SMA N 1 Pundong

Nuryany, Lyntang Dhewi (2023) Hubungan Mental Toughness Terhadap Competitive Anxiety Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli di SMA N 1 Pundong. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_lyntang dhewi nuryany_19601244044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan mental toughness dan competitive anxiety pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Pundong. Mental toughness merupakan seperangkat nilai atau sikap positif yang dimiliki oleh seseorang khusunya seorang atlet untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam suatu pertandingan. Hal ini berbanding terbalik dengan competitive anxiety yang merupakan suatu reaksi emosi yang bersifat negatif ketika seseorang khusunya atlet menghadapi permasalahan dalam pertandingan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode survei dalam bentuk angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Pundong. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan total sampel dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan dimensi mental toughness dan dimensi competitive anxiety yang dimodifikasi dengan menggunakan skala likert. Hasil analisis penelitian diketahui bahwa mental toughness yang dimiliki oleh siswa ekstrakurikuler di SMA N 1 Pundong mayoritas dalam kategori rendah dan perilaku competitive anxiety pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Pundong pada kategori cukup. Berdasarkan analisis lanjutan menggunakan aplikasi IBM SPSS 22 menghasilkan kesimpulan bahwa adanya hubungan yang signifikan dan bersifat negatif antara mental toughness dan competitive anxiety pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA N 1 Pundong dengan sumbangan mental toughness terhadap competitive anxiety sebesar 64,9%. Hal ini dapat diartikan bahwa mental toughness memberikan sumbangan yang cukup besar untuk menekan competitive anxiety pada siswa karena semakin tinggi mental toughness yang dimiliki oleh siswa maka akan semakin rendah competitive anxiety yang dimiliki siswa dan begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: mental toughness, competitive anxiety, ekstrakurikuler, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:17
Last Modified: 28 Feb 2023 07:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76377

Actions (login required)

View Item View Item