Tingkat Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII Tentang Kemampuan Motorik di SMP Negeri 4 Sewon

Artuti, Rosi (2023) Tingkat Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII Tentang Kemampuan Motorik di SMP Negeri 4 Sewon. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rosi artuti_18601241017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik kelas VIII tentang kemampuan motorik di SMP Negeri 4 Sewon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan metode survei. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D yang berjumlah 125 peserta didik, sehingga didapatkan sampel dengan jumlah 60 peserta didik. Pengambian sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Teknik anaisis data menggunakan anlisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman kemampuan motorik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon berada pada kategori baik dengan persentase 65,35 dan sebanyak 31 peserta didik (52%) mempunyai kategori sangat baik, sebanyak 17 peserta didik (28%) mempunyai kategori baik, sebanyak 11 peserta didik (18%) mempunyai kategori cukup, sebanyak 1 peserta didik (2%) mempunyai kategori kurang dan sebanyak 0 peserta didik (0%) mempunyai kategori kurang sekali. Hasil analisis tingkat pemahaman kemampuan motorik pada indikator kelincahan 67,5% mempunyai kategori baik, indikator kekuatan sebanyak 52,5% mempunyai kategori cukup, pada indikator kecepatan sebanyak 65,55% mempunyai kategori baik, pada indikator keseimbangan sebanyak 65,83% mempunyai kategori baik, pada indikator koordinasi sebanyak 64,44% mempunyai kategori baik, dan pada indikator fleksibilitas sebanyak 70% mempunyai kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pemahaman, kemampuan motorik, peserta didik kelas VIII
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:54
Last Modified: 31 Jan 2023 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76376

Actions (login required)

View Item View Item