HUBUNGAN LONELINESS DENGAN INTERNET ADDICTION PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PENGGUNA APLIKASI INSTAGRAM

Mahdiyyah, In’am (2023) HUBUNGAN LONELINESS DENGAN INTERNET ADDICTION PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PENGGUNA APLIKASI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Revisi In'am M.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan internet yang berlebihan menjadi salah satu pemicu munculnya kecanduan internet sehingga menghambat kegiatan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Upaya untuk mengatasi kecanduan internet yang perlu segera dilakukan salahsatunya adalah dengan menemukan berbagai faktor penyebab. Kesepian diduga menjadi salah satu penyebab kecanduan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara loneliness dengan internet addiction pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta pengguna aplikasi instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah 122 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang berusia 18 hingga 25 tahun dan merupakan pengguna asplikasi instagram. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah UCLA Loneliness Scale 3rd Version dan Internet Addiction Test. Uji validitas instrument menggunakan validitas isi melalui expert judgment, sedangkan reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien 0,797 pada skala kesepian dan 0,831 pada skala kecanduan internet. Analisis data menggunakan persamaan korelasi product moment Pearson dengan bantuan SPSS versi 21 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara loneliness dengan internet addiction pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta pengguna aplikasi instragram menunjukkan sig. (p) sebesar 0,000 (p<0,05) dengan koefisien korelasi (r) 0,322 yaitu semakin tinggi tingkat loneliness maka akan semakin tinggi internet addiction begitu pula sebaliknya. Kontribusi yang diberikan kesepian terhadap kecanduan internet sebesar 10,2% sedangkan sisanya 80,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Loneliness, Internet Addiction, Instagram, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:01
Last Modified: 31 Jan 2023 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76374

Actions (login required)

View Item View Item