Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permaianan Tradisional Untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Siswa SD

Khoirudin, Imam (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permaianan Tradisional Untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Siswa SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_imam khoirudin_22611254008.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Permainan yang ditemukan oleh peneliti dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah dasar adalah pembelajaran yang mengarah pada penguasaan teknik cabang olahraga mengurangi kesempatan belajar motorik siswa. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan, pengetahuan guru PJOK dalam menerapkan model permainan yang tepat dalam proses pembelajaran masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan ketrampilan motorik siswa Sekolah Dasar kelas bawah, dapat mengetahui kelayakan model pembelajaran yang akan dikembangkan serta mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis permainan tradisional yang dapat meningkatkan ketrampilan motorik kasar siswa Sekolah Dasar kelas bawah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadopsi penelitian pengembangan menurut Sugiyono yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) desain prodak, (3) validasi, (4) revisi desain, (5) uji sekala kecil, (6) revisi prodak, (7) uji sekala besar, (9) revisi prodak, (10) uji operasional/efektivitas, (11) prodak akhir. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) wawancara; (2) sekala nilai; (3) observasi draf model; (4) observasi keefektifitasan model. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis permainan tradisional berisikan tiga permianan, yaitu: (1) betengan, (2) egrang batok, (3) lompat tali, dan buku panduan permainan. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan guru PJOK, didapatkan skor rata-rata total nilai 76,5 atau 95,63% dari skor yang diharapkan, maka model pembelajaran ini sangat layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil uji efektivitas dengan membandingkan hasil pretest dan postest didapatkan perbedaan yang signifikan, maka model pembelajaran berbasis permainan tradisional dianggap efektif untuk meningkatkan aspek psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, permainan tradisional, ketrampilan motorik
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:45
Last Modified: 01 Feb 2023 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76353

Actions (login required)

View Item View Item