Tingkat Kecemasan Wasit Sepakbola Berlisensi C-2 dan C-1 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Saat Memimpin Pertandingan

Prasetyo, Angga Dwi (2023) Tingkat Kecemasan Wasit Sepakbola Berlisensi C-2 dan C-1 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Saat Memimpin Pertandingan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_angga dwi prasetyo_16602241056.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pertandingan sepakbola membutuhkan pengadil di lapangan yang dapat bekerja dengan baik dan memberikan keputusan-keputusan yang sesuai dengan peraturan federasi. Pentingnya kinerja wasit sepakbola dalam memimpin pertandingan agar dapat berjalan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan wasit sepakbola ber lisensi c-2 dan c-1 di provinsi daerah istimewa yogyakarta saat memimpin pertandingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah wasit lisensi C-2 dan C-1 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 109 wasit. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah insidental sampling, yaitu berjumlah 45 wasit. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa tingkat kecemasan wasit sepakbola ber lisensi c-2 dan c-1 di provinsi daerah istimewa yogyakarta saat memimpin pertandingan berada pada kategori sangat rendah sebesar 6,67% (3 wasit), pada kategori rendah sebesar 33,33% (15 wasit), pada kategori sedang sebesar 26,67% (12 wasit), pada kategori tinggi 32,33% (14 wasit), dan pada kategori sangat tinggi 6.67% (3 wasit). berdasarkan nilai rata-rata sebesar 165,7778 dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan wasit sepakbola ber lisensi c-2 dan c-1 di provinsi daerah istimewa yogyakarta saat memimpin pertandingan dalam kategori sedang 165, 7778%. Kemudian pada faktor instrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi tingkat kecemasan dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Agus Supriyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kecemasan, wasit sepakbola, memimpin pertandingan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:55
Last Modified: 31 Jan 2023 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76345

Actions (login required)

View Item View Item