Pengaruh Obesitas dan Kepercayaan Diri Terhadap Konsep Diri Fisik dan Hasil Belajar Siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo

Shaluhiya, Haya (2023) Pengaruh Obesitas dan Kepercayaan Diri Terhadap Konsep Diri Fisik dan Hasil Belajar Siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_haya shaluhiya_21633251033.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelusur secara mendalam bagaimana pengaruh obesitas dan kepercayaan diri terhadap konsep diri fisik dan hasil belajar siswa SMP se Kabupeten Kulon Progo. Diharapkan, hasil dari penelitian ini dapat berguna dalam pengembangan disiplin ilmu Pendidikan yang memberikan penjelasan secara terperinci dan sistematis mengenai pengaruh obesitas dan kepercayaan diri terhadap konsep diri fisik dan hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo serta dapat digunakan sebagai bahan rujukan referensi untuk penelitian berikutnya yang sejenis dalam rangka meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa obesitas. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan pada beberapa sekolah SMP yang berada di Kabupaten Kulon Progo pada bulan September hingga bulan November tahun 2022. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu purposive sampling yang digunakan untuk mengumpulkan 60 siswa obesitas dari sekolah-sekolah di Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian angket kepada siswa, adapun mekanismenya adalah mencari data siswa SMP se-kabupaten Kulon Progo yang mengalami obesitas lalu menyebarkan angket dan mengumpulkan hasil belajar, kemudian melakukan traskrip atas hasil pengisisan angket. Setelah memperoleh data penelitian, data diolah menggunakan analisis SPSS kemudian peneliti mengambil kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara obesitas terhadap konsep diri fisik siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan anatara kepercayaan diri terhadap konsep diri fisik siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo, dengan nilai signifikansi 0.000 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara obesitas terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo, dengan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara obesitas dan kepercayaan diri terhadap konsep diri fisik siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (6) Ada pengaruh yang signifikan antara obesitas dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kabupaten Kulon Progo, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: obesitas, kepercayaan diri, konsep diri fisik, hasil belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 09:02
Last Modified: 30 Jan 2023 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76329

Actions (login required)

View Item View Item