Kusumaningrum, Dian (2023) Tingkat Kecemasan Peserta Didik Kelas V Dalam Mengikuti Pembelajaran Praktik Permainan Rounders di SD Baran Kapanewon Pundong Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
fulltext_dian kusumaningrum_18604221056.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kecemasan peserta didik kelas V SD Baran dalam mengikuti pembelajaran praktik permainan rounders. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Sebanyak 23 peserta didik kelas V SD Baran menjadi subyek dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan angket dengan total keseluruhan sebanyak 35 item pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebagai metode analisis data, menggunakan analisis statistik deskriptif berupa histogram yang dibagi menjadi lima kategori yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas V SD Baran mengalami kecemasan yang berada pada kategori “sedang” ketika mengikuti pembelajaran permainan rounders. Hal ini terlihat dari penelitian yang mengungkapkan bahwa 2 peserta didik (8,7%) memiliki tingkat kecemasan sangat rendah, 4 peserta didik (17,4%) memiliki tingkat kecemasan rendah, 9 peserta didik (39,1%) memiliki tingkat kecemasan sedang, dan 8 peserta didik (34,8%) memiliki tingkat kecemasan tinggi. Sembilan peserta didik atau (39,1%) memiliki frekuensi tertinggi di antara keseluruhan peserta didik dengan tingkat kecemasan yang termasuk dalam kategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kecemasan, permainan rounders |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 08:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 08:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76321 |
Actions (login required)
View Item |