Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul

Kakung, Estu (2023) Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_estu kakung_21633251007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul berdasarkan aspek Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek evaluasi ini adalah SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 sekolah. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: peneliti mengambil 1 guru PJOK, 1 orang Kepala Sekolah, dan 10 peserta didik yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul sebesar 2,48 masuk kategori kurang. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Context evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,78 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran PJOK sebesar 2,83 pada kategori baik dan tujuan pembelajaran PJOK sebesar 2,72 pada kategori baik. (2) Input evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,48 masuk kategori kurang. Indikator profil guru sebesar 2,82 pada kategori baik, profil peserta didik sebesar 2,37 pada kategori baik, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 2,26 pada kurang. (3) Process evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,49 masuk kategori kurang. Indikator RPP sebesar 2,63 pada kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 2,35 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi program pembelajaran PJOK PTM 100% di SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, sebesar 2,16 masuk kategori kurang. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 2,13 pada kategori kurang dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 2,19 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran PJOK, PTM 100%
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:47
Last Modified: 30 Jan 2023 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76320

Actions (login required)

View Item View Item