Pengembangan Model Permainan Tradisional Ular Naga Untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Dan Gerak Manipulatif Anak TK A Usia 4-5 Tahun

Afifah, Mar’atul (2023) Pengembangan Model Permainan Tradisional Ular Naga Untuk Meningkatkan Gerak Lokomotor Dan Gerak Manipulatif Anak TK A Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_maratul afifah_21611251003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mengetahui kelayakan produkdan untuk mengetahui efektivitas produk serta untuk menghasilkan produk pengembangan model permainan tradisional ular naga untuk meningkatkan gerak lokomotor dan gerak manipulatif anak TK A Usia 4-5 Tahun. Prosedur penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian pengembangan sesuai kebutuhan peneliti yang melibatkan sepuluh langkah utama: 1) Studi pendahuluan, 2) Perencanaan 3) mengembagkan produk awal, 4) Validasi ahli dan revisi, 5) Revisi produk tahap awal, 6) Uji coba produk skala kecil dan revisi, 7) Uji coba produk skala besar dan revisi, 8) Penyusunan produk akhir, 9) Uji efektifitas, 10) Desiminasi dan imlementas. Uji coba skala kecil dilakukan di TKQ Al-Jamiatul Khoeriyah 15 siswa, uji coba skala besar dilakukan di tiga TK yang ada di kabupaten karawang yaitu pertama TKQ Al-Yunusiah 15 siswa, kedua TKQ SDIT AN-Nissa 20 siswa dan ke tiga RA Al-Khoeriyah 18 siswa. Uji Efektifitas dilakukan di TK PGRI Pangkalan jumlah 20 sampel. Teknik sampel menggunakan total sampling. Instrument pengumpulan data adalah pedoman pengamatan (observsi), skala nilai dan tes TGMD-2 untuk mengukur gerak dasar anak usia 4-5 Tahun. teknik analisis data ahli dan data uji coba produk menggunakan nilai skala liter dan uji efektfitas di uji melalui uji prasyarat yaitu 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas dan uji sample T test. Kesimpulan bahwa produk akhir berupa model pengembangan permainan tradisional ular naga untuk meningkatkan gerak lokomotor dan gerak manipulatif anak TK yaitu: 1) Menghasilkan produk model permainan tradisional ular naga dalam bentuk permainan yang meningkatkan gerak lokomotor seperti lari, gallop, lompat, leap, loncat horizontal, meluncur, dan gerak manipulatif seperti memukul bola diam, dribble, menangkap, menendang, melempar atas, menggelinding bola, 2) Model permainan tradisional ular naga layak digunakan untuk meningkatkan gerak lokomotor dan gerak manipulatif anak TK, 3) Model permainan tradisional ular naga efektif untuk meningkatkan gerak lokomotor dan gerak manipulatif anak TK.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Bernadeta Suhartini, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional ular naga, gerak lokomotor, gerak manipulatif
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:40
Last Modified: 30 Jan 2023 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76319

Actions (login required)

View Item View Item