Eefektivitas Kombinasi Terapi Masase dan Terapi Panas Terhadap Penurunan Nyeri dan Peningkatan Range of Motion (ROM) Cedera Lutut Pasien Rumah Terapi Cedera Olahraga dan Kebugaran

Refindo, Diki Triyudi (2023) Eefektivitas Kombinasi Terapi Masase dan Terapi Panas Terhadap Penurunan Nyeri dan Peningkatan Range of Motion (ROM) Cedera Lutut Pasien Rumah Terapi Cedera Olahraga dan Kebugaran. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_diki ttiyudi refindo_18603141030.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Cedera lutut sering terjadi pada masyarakat umum dan olahragawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji evektivitas kombinasi terapi masase dan terapi panas terhadap penurunan nyeri dan peningkatan range of motion (ROM) sendi lutut pasca cedera lutut. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mengalami cedera lutut yang datang ke klinik Rumah Terapi Cedera Olahraga dan Kebugaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan rentang waktu selama 1 bulan dari tanggal 18 Juli 2022 – 31 Agustus 2022 dan didapatkan sampel sebanyak 24 orang. Subjek mendapat perlakuan terapi masase yang dilakukan selama 20 menit, dilanjutkan dengan terapi panas selama 10 menit. Instrumen yang digunakan untuk mengukur skala nyeri menggunakan Numeric Rating Scale (NRS) dan ruang gerak sendi atau Range of Motion (ROM) menggunakan goneometri. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon signed rank untuk menguji data yang tidak terdistribusi normal dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1). Kombinasi terapi masase dan terapi panas dapat menurunkan skala nyeri pada penderita cedera lutut. (2).Kombinasi terapi masase dan terapi panas dapat meningkatkan kemampuan gerak fleksi dan ekstensi sendi pada penderita cedera lutut. (3). Kombinasi terapi masasse dan terapi panas efektif dapat menurunkan nyeri secara signifikan (p < 0,05), dengan efektivitas penurunan nyeri fleksi sebesar 51,87%, penurunan nyeri ekstensi sebesar 53% dan meningkatkan ROM secara signifikan (p < 0,05), dengan efektivitas peningkatan ROM fleksi sebesar 4,9%, peningkatan ROM ekstensi sebesar 67 %.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Cerika Rismayanthi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: terapi masase, terapi panas, nyeri, range of motion, cedera lutut
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:32
Last Modified: 30 Jan 2023 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76318

Actions (login required)

View Item View Item