Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sepakbola di SD Muhammadiyah Banyuraden Kecamatan Gamping

Adha, Zulkifly (2023) Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sepakbola di SD Muhammadiyah Banyuraden Kecamatan Gamping. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_zulkifly adha_18604221006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan reward dan punishment terhadap peningkatan karakter disiplin peserta didik melalui pembelajaran sepakbola. Dalam penelitian ini peneliti menemukan masalah berupa kurangnya tingkat kedisiplinan peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Banyuraden Kecamatan Gamping dalam mengikuti pembelajaran penjas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilalukan selama dua siklus atau 2x pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V sejumlah 44 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara kepada guru. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas V mengalami peningkatan kedisiplinan setelah diberi tindakan oleh guru. Pada siklus I diketahui persentase pencapaian tingkat kedisiplinan peserta didik sebesar 22,8% (10 anak) dengan rata-rata tingkat kedisiplinan 68,6%. Sedangkan pada siklus II persentase pencapaian tingkat kedisiplinan peserta didik sebesar 81,8% (36 anak) dengan rata-rata tingkat kedisiplinan 84,3%. Penelitian dikatakan berhasil jika tingkat kedisiplinan mencapai kriteria kedisiplinan Berkembang Sangat Baik (BSB) 75,1% - 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan punishment dalam pembelajaran sepakbola berpengaruh terhadap peningkatan karakter disiplin peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, penerapan reward dan punishment, pembelajaran penjas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:48
Last Modified: 30 Jan 2023 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76307

Actions (login required)

View Item View Item