Pengembangan Model Pembelajaran AKIM dalam Pendidikan Jasmani untuk Mendorong Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Ambarwati, Lia Dyah (2023) Pengembangan Model Pembelajaran AKIM dalam Pendidikan Jasmani untuk Mendorong Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_lia dyah ambarwati_20733251003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran AKIM dalam pendidikan jasmani untuk mendorong motivasi dan prestasi belajar peserta didik sekolah dasar (2) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran AKIM dalam pendidikan jasmani untuk mendorong motivasi dan prestasi belajar peserta didik sekolah dasar (3) mengetahui kelayakanl dari model pembelajaran AKIM dalam pendidikan jasmani apakah dapat mendorong motivasi dan prestasi belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Desain pelaksanaan pengembangan penelitian yang digunakan peneliti disederhanakan sesuai kebutuhan menjadi 8 tahapan pengembangan. Tempat pelaksanaan penelitian di 4 sekolah dasar negeri di Kota Yogyakarta. Uji kelayakan produk dilakukan oleh validator ahli materi pembelajaran, ahli media dan validator ahli bahasa. Subjek uji coba yaitu peserta didik subjek 48 peserta didik dari 4 sekolah dasar yang berbeda. Keempat kelas tersebut meliputi kelas uji coba operasional SDN Pujokusuman, kelas uji operasional SDN Keputran 2, kelas uji operasional SDN Ngupasan, dan 1 kelas kontrol SDN Panembahan. Pengumpul an data melalui observasi, wawancara, dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, angket validasi ahli, dan angket respon guru. Uji kelayakan model pembelajaran AKIM menggunakan penilaian skala dengan lima kategori penilaian. Keefektifan model pembelajaran AKIM untuk mendorong motivasi dan prestasi belajar peserta didik sekolah dasar dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji hipotesis MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran AKIM yang dihasilkan memenuhi kriteria “sangat layak” menurut penilaian ahli materi pembelajaran, ahli media, dan ahli bahasa, dan memenuhi kriteria “sangat layak” menurut penilaian respon guru; (2) model pembelajaran AKIM tersebut efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik sekolah dasar. Hasil pengujian uji-t dan uji hipotesis MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa bahwa model pembelajaran AKIM tersebut dapat mendorong motivasi dan prestasi belajar peserta didik sekolah dasar secara signifikan dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran AKIM, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:48
Last Modified: 31 Jan 2023 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76305

Actions (login required)

View Item View Item