Pengaruh Metode Latihan Kekuatan Complex Training dan Contras Training Terhadap Power Atlet Taekwondo Senior Daerah Istimewa Yogyakarta

Maheswari, Drastiana Siwi (2023) Pengaruh Metode Latihan Kekuatan Complex Training dan Contras Training Terhadap Power Atlet Taekwondo Senior Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_drastiana siwi maheswari_20732251021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan pengaruh latihan complex training dan contrast training terhadap kekuatan dalam meningkatkan power atlet taekwondo, untuk mengetahui ada perbedaan pengaruh antara kekuatan tinggi dan kekuatan rendah terhadap power atlet taekwondo, dan untuk mengetahui ada interaksi terhadap kekuatan dalam meningkatkan power atlet taekwondo. Desain penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah atlet taekwondo Senior Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik ordinal pairing untuk mengidentifikasi kelompok eksperiman, dan didapatkan masing-masing 5 Atlet yang memiliki kekuatan tinggi diberikan perlakuan metode latihan complex training dan contras training, begitu pula dengan atlet yang memiliki kekuatan rendah diberikan perlakuan metode latihan complex training dan contras training. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kekuatan (1 RM). Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur pada taraf signifikansi = 0,05. Hasil menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh latihan complex traini dan contras trining terhadap kekuatan dalam meningkatkan power atlet taekwondo. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung sebesar 4,982 dan p = 0,039<0,05. Nilai rata-rata menunjukkan bahwa kekuatan dan power atlet dengan menggunakan metode latihan contras training lebih tinggi daripada kekuatan dan power atlet dengan menggunakan metode latihan complex training (1,9090>0,9770), (2) tidak ada perbedaan pengaruh antara kekuatan tinggi dan kekuatan rendah terhadap power atlet taekwondo. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung sebesar 0,005 dan p = 0,947>0,05. Nilai rata-rata kekuatan tinggi sebesar 1,4590 dan rata-rata kekuatan rendah sebesar 1,4270. Nilai rata-rata ini menunjukkan bahwa kekuatan tinggi dan kekuatan rendah terhadap power atlet taekwondo adalah sama, dan (3) ada interaksi antara metode latihan complex training dan contras training terhadap kekuatan dalam meningkatkan power atlet taekwondo. Hal imi dibuktikan dari nilai Fhitung sebesar 88,340 dan p = 0,000<0,05. Nilai rata-rata ini menunjukkan bahwa kekuatan power atlet dengan menggunakan metode latihan contras training lebih tinggi dari pada kekuatan dan power atlet dengan menggunakan metode latihan complex training (1,9090>0,9770).

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: complex training, contras training, power atlet
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 05:59
Last Modified: 30 Jan 2023 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76302

Actions (login required)

View Item View Item