Efektivitas Circulo Massage terhadap Pemulihan Kelelahan Santri Komplek IJ Al-Masyhuriyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta

Abdulloh, Faza Muhamad Tamyiz (2022) Efektivitas Circulo Massage terhadap Pemulihan Kelelahan Santri Komplek IJ Al-Masyhuriyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_faza muhamad tamyiz abdulloh_18603144007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Circulo massage terbukti efektif membantu pemulihan kelelahan, namun belum pernah diuji menggunakan subjek santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas circulo massage terhadap pemulihan kelelahan santri Komplek IJ Al-Masyhuriyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah santri Komplek IJ Al-Masyhuriyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini berjumlah 41 orang, sedangkan sampelnya berjumlah 15 orang. Penilaian kelelahan dilakukan menggunakan Fatigue Assament Scale (FAS) sebelum pemeberian perlakuan (pretest) dan sesudah pemberian perlakuan (posttest). Dilakukan Uji Paired t-Test untuk mengetahui besarnya efek perlakuan circulo massage dengan membandingkan nilai pretest dan posttest dari FAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa circulo massage efektif menurunkan kelelahan sebesar 47% dengan nilai signifikansi hasil dari paired t-test di bawah 0,05 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah circulo massage efektif dalam menurunkan tingkat kelelahan pada santri Komplek IJ Al-Masyhuriyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. dr. BM. Wara Kushartanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: circulo massage, kelelahan, santri
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:10
Last Modified: 30 Jan 2023 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76289

Actions (login required)

View Item View Item