Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunagrahita di SLB Kota Bengkulu

Napitupulu, Ramos Lores (2023) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Tunagrahita di SLB Kota Bengkulu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ramos lores napitupulu_21633251024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil evaluasi context, input, process, product (CIPP) pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita di SLB Kota Bengkulu. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, dan peserta didik di SLB Kota Bengkulu. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu: peneliti mengambil 1 guru PJOK, 1 orang Kepala Sekolah di tiap SLB di Kota Bengkulu, dan orang tua peserta didik yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah 6 orang, guru Penjas adaptif 6 orang, dan peserta didik 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita di SLB Kota Bengkulu hasilnya pada kategori kurang. Selanjutnya dijelaskan masing-masing aspek evaluasi yaitu. (1) Context evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita di SLB Kota Bengkulu baik. Indikator bahan pembelajaran dan rumusan tujuan sebesar 3,14 pada kategori baik, mengorganisasi materi, media, dan sumber belajar lain sebesar 2,78 pada kategori baik, merancang kegiatan belajar mengajar sebesar 3,34 pada kategori sangat baik, pengelolaan kelas sebesar 3,33 pada kategori sangat baik, dan penilaian sebesar 3,35 pada kategori sangat baik. (2) Input evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita di SLB Kota Bengkulu sudah baik. Indikator kesesuaian materi pembelajaran dengan KI dan tujuan sebesar 3,29 pada kategori baik dan karakteristik peserta didik sebesar 2,41 pada kurang. (3) Process evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita di SLB Kota Bengkulu hasilnya pada kategori kurang. Indikator kegiatan pembelajaran sebesar 2,30 pada kategori kurang dan kegiatan peserta didik sebesar 1,86 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita di SLB Kota Bengkulu hasilnya pada kategori kurang. Indikator hasil pelaksanaan pembelajaran penjas di SLB Kota Bengkulu sebesar 1,83 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, penjas adaptif, siswa tunagrahita
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 09:08
Last Modified: 30 Jan 2023 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76285

Actions (login required)

View Item View Item