Evaluasi Pengelolaan Sekolah Sepak Bola Brazilian Soccer Schools Bintaro

Ansharudin, Muhammad Fajar (2023) Evaluasi Pengelolaan Sekolah Sepak Bola Brazilian Soccer Schools Bintaro. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad fajar ansharudin_21611251002.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi berdasarkan komponen context, input, process, dan product pada pengelolaan sekolah sepak bola Brazilian Soccer Schools Bintaro. Model evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah CIPP. Subjek penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan orang tua atlet Brazilian Soccer Schools Bintaro. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria sampel yaitu: pengurus yang masih aktif, pelatih yang terlibat dalam program pembinaan, dan orang tua atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pengelolaan sekolah sepak bola Brazilian Soccer Schools Bintaro memiliki nilai 3,03 pada kategori cukup. Selanjutnya dijelaskan pada masing-masing komponen evaluasi yaitu: 1) Context evaluasi pengelolaan sekolah sepak bola Brazilian Soccer Schools Bintaro memiliki nilai 3,67 pada kategori baik. Berdasarkan indikator latar belakang program pembinaan memiliki nilai 3,65 pada kategori baik, tujuan program pembinaan memiliki nilai 3,54 pada kategori cukup, dan program pembinaan memiliki nilai 3,82 pada kategori baik. 2) Input evaluasi pengelolaan sekolah sepak bola Brazilian Soccer Schools Bintaro memiliki nilai 2,87 pada kategori cukup. Berdasarkan indikator sumber daya manusia memiliki nilai 2,64 pada kategori kurang, program pelatih memiliki nilai 3,07 pada kategori cukup, pendanaan memiliki nilai 3,01 pada kategori cukup, sarana dan prasarana memiliki nilai 2,58 pada ketegori kurang, dan dukungan orang tua memiliki nilai 3,04 pada kategori cukup. 3) Process evaluasi pengelolaan sekolah sepak bola Brazilian Soccer Schools Bintaro memiliki nilai 3,02 pada kategori cukup. Berdasarkan indikator implementasi program memiliki nilai 2,92 pada kategori cukup, dan koordinasi memiliki nilai 3,12 pada kategori cukup. 4) Product evaluasi pengelolaan sekolah sepak bola Brazilian Soccer Schools Bintaro memiliki nilai 2,57 pada kategori kurang. Berdasarkan indikator prestasi memiliki nilai 2,54 pada kategori kurang, dan kesejahteraan memiliki nilai 2,59 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sulistiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pengelolaan, Brazilian Soccer Schools Bintaro
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:30
Last Modified: 30 Jan 2023 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76282

Actions (login required)

View Item View Item