Implmentasi Aktivitas Pembelajaran Renang di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat se-Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Mardiansyah, Ricky (2023) Implmentasi Aktivitas Pembelajaran Renang di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat se-Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ricki mardiansyah_18601241043.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Aktivitas Pembelajaran Renang di Sekolah Menengah dan Sederajat Atas se-Kecamatan Ngawi, 2) Faktor Penghambat Aktivitas Pembelajaran Renang di Sekolah Menengah Atas se-Kecamatan Ngawi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Pendidik dan Peserta didik masing-masing sekolah menengah atas yang ada di kecamatan Ngawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas pembelajaran renang merupakan salah satu pembelajaran yang sudah berjalan namun belum maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya aktivitas praktik pada pelaksanaan pembelajaran renang, 2) Penggunaan metode pembelajaran pada aktivitas pembelajaran renang secara teori merupakan upaya dalam memaksimalkan hasil belajar seperti metode pembelajaran ceramah, demonstrasi dan tanya jawab, 3) aktivitas pembelajaran renang yang diharapkan dapat berjalan baik secara teori maupun praktik belum dapat terlaksana karena terkendala oleh beberapa faktor seperti ketersediaan sarana prasarana, faktor lingkungan dan ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: implementasi pembelajaran, metode, hambatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:08
Last Modified: 30 Jan 2023 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76277

Actions (login required)

View Item View Item