Perbandingan Efektivitas Terapi Kombinasi Self Massage dan Stretching Aktif Dengan Kombinasi Deep Tissue Massage dan Stretching Pasif Terhadap Penyembuhan Cedera Panggul Kronis

Krismantoro, Triyas (2023) Perbandingan Efektivitas Terapi Kombinasi Self Massage dan Stretching Aktif Dengan Kombinasi Deep Tissue Massage dan Stretching Pasif Terhadap Penyembuhan Cedera Panggul Kronis. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_triyas krismantoro_21611251025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas terapi kombinasi self massage dan stretching aktif terhadap peyembuhan cedera panggul kronis, (2) efektivitas Deep Tissue Massage kombinasi stretching pasif terhadap penyembuhan cedera panggul kronis, (3) perbandingan efektivitas terapi kombinasi self massage dan stretching aktif dengan kombinasi Deep Tissue Massage dan stretching pasif terhadap penyembuhan cedera panggul kronis. Indikator kesembuhan adalah tingkat nyeri dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan two group eksperimental design menggunakan dua kelompok sampel berbeda dengan perlakuan yang berbeda pula. Sampel penelitian merupakan penderita cedera panggul kronis nonspesifik berjumlah 42 orang yang dibagi menjadi dua kelompok secara random berjumlah 21 orang. Kelompok A menggunakan terapi kombinasi self massage dan stretching aktif dan kelompok B menggunakan terapi kombinasi Deep Tissue Massage dan stretching pasif (DTMS). Perlakuan dilakukan sebanyak tiga kali perlakuan dengan durasi 30 menit. Pengukuran skala nyeri menggunakan instrument NRS (Numerik rating Scale) dan Pengukuran fungsi pungguh bawah menggunakan isntrumen harris hip score. Teknik analisis data menggunakan uji beda Paired t-test, Wilcoxon, independent t-test, dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik pada perlakuan self massage dan stretching aktif maupun Deep Tissue Massage kombinasi stretching pasif menurunkan nyeri dan fungsi secara signifikan (p<0,05). Hasil perbandingan data pretest dan posttest perlakuan self massage dan stretching aktif dan Deep Tissue Massage kombinasi stretching pasif terhadap indikator nyeri dan fungsi memiliki nilai p>0,05, sehingga disimpulkan bahwa kedua jenis terapi tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan penggunaan terapi metode self massage dan stretching aktif dengan kombinasi Deep Tissue Massage dan stretching pasif dapat diterapkan pada penderita panggul kronis nonspesifik sesuai situasi dan kondisi dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan kedua jenis terapi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. dr. BM. Wara Kushartanti, M.S.
Uncontrolled Keywords: self massage stretching aktif, deep tissue stretching pasif, cedera panggul kronis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:30
Last Modified: 30 Jan 2023 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76275

Actions (login required)

View Item View Item