EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM DIPONEGORO, MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN,YOGYAKARTA

Hidayat, Arif Nur (2021) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM DIPONEGORO, MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN,YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_arif nur hidayat_16102241046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaiam program pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi: 1) konteks, 2) masukan, 3) pelaksanaan proses, 4) hasil program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Diponegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data ketua, tutor, dan peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi, dan dianalisis menggunakan langkah-langkah: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang didapatkan adalah program telah sesuai dengan standar nasional pendidikan yang dapat dilihat dari berbagai aspek: 1) aspek context (konteks) program dikatakan baik karena program sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan ijazah sudah sesuai dengan tujuan program untuk membantu masyarakat sekitar meraih pendidikan yang layak. 2) aspek input (masukan) program baik. Silabus, RPP sudah sesuai dengan standar, tersedianya tenaga pendidik yang profesional, fasilitas yang sangat mendukung pembelajaran serta adanya pengelolaan anggaran yang baik dan relasi yang menunjang program. 3) process (proses) program baik karena telah memenuhi syarat pelaksanaan meliputi: peserta didik, tutor, jadwal pembelajaran, fasilitas, dan sumber belajar yang baik. Implementasi RPP dilaksanakan dengan baik, serta pelaksanaan program berjalan sesuai rencana. 4) product (produk) program baik karena terdapat perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dari peserta didik dan adanya dampak program dari peserta didik yaitu mendapatkan ijazah setara SMA/MA/K untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Model CIPP, Program Pendidikan Kesetaraan Paket C
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:26
Last Modified: 30 Jan 2023 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76269

Actions (login required)

View Item View Item