PENGEMBANGAN DESA WISATA ROTAN MELALUI PEMBERDAYAAN PENGRAJIN ROTAN DI DESA TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO

Hanna, Nanda Marsella Buyung (2021) PENGEMBANGAN DESA WISATA ROTAN MELALUI PEMBERDAYAAN PENGRAJIN ROTAN DI DESA TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nanda marsella buyung hanna_17102244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan Desa Wisata Rotan melalui pemberdayaan pengrajin rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, (2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi dalam pengembangan Desa Wisata Rotan melalui pemberdayaan pengrajin rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Rotan dengan subjek penelitian yaitu Kepala Desa Trangsan, Pokdarwis, Pengelola Bumdes, dan pengrajin rotan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen pedoman sederhana. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Langkah-langkah analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan Desa Wisata Rotan melalui pemberdayaan pengrajin rotan dilakukan dengan melibatkan para pengrajin rotan dalam kegiatan wisata seperti Grebeg Pejalin, wisata edukasi, organisasi Pokdarwis, dan pengelolaan sarana prasarana Desa Wisata Rotan, (2) Faktor pendukung yaitu Desa Wisata Rotan terletak di industri rotan besar yang memiliki pengrajin terampil, partisipasi aktif pengrajin rotan dalam kegiatan wisata dan keikutsertaannya dalam berbagai organisasi di Desa Wisata Rotan. Sedangkan faktor penghambat yaitu belum terlihat partisipasi kaum pengrajin muda, terkendala dalam anggaran, dan rendahnya pemahaman masyarakat tentang desa wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Desa Wisata, Desa Wisata Rotan, Pemberdayaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:23
Last Modified: 30 Jan 2023 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76268

Actions (login required)

View Item View Item