Hubungan Usia, Status Pekerjaan, dan Ketersediaan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Motivasi Berolahraga Pada Tenaga Kependidikan Uiversitas Negeri Yogyakarta

Fajrin, Aprianisa Nur (2023) Hubungan Usia, Status Pekerjaan, dan Ketersediaan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Motivasi Berolahraga Pada Tenaga Kependidikan Uiversitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aprianisa nur fajrin_21633251022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara usia dan motivasi berolahraga (2) hubungan antara status pekerjaan dan motivasi berolahraga (3) hubungan antara ketersediaan sarana prasarana olahraga dana motivasi berolahraga (4) hubungan antara usia, status pekerjaan dan ketersediaan sarana prasarana olahraga terhadap motivasi berolahraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kependidikan (tendik) Universitas Negeri Yogyakarta yang masih aktif bekerja dengan jumlah 775 orang dengan jumlah sampel penelitian adalah 194 orang menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup untuk mengambil data ketersediaan sarana prasarana olahraga dengan jumlah 20 butir dan Sport Motivation Scale dengan jumlah 27 butir. Teknik validitas instrumen mengacu pada rumus korelasi product moment dan reliabilitas berdasarkan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada hubungan antara usia dan motivasi berolahraga (2) ada hubungan antara status pekerjaan dan motivasi berolahraga (3) ada hubungan antara ketersediaan sarana prasarana olahraga dan motivasi berolahraga (4) ada hubungan antara usia, status pekerjaan dan ketersediaan sarana prasarana olahraga terhadap motivasi berolahraga.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: usia, status pekerjaan, ketersediaan sarana prasarana olahraga, motivasi berolahraga, tenaga kependidikan UNY
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:50
Last Modified: 30 Jan 2023 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76232

Actions (login required)

View Item View Item