Pengembangan Model Latihan Drill Smash Arah Lurus dan Arah Cross Dengan Media Rintangan Root Untuk Meningkatkan Ketepatan Smash Pada Atlet Bola Voli

Rajeski, Novri (2023) Pengembangan Model Latihan Drill Smash Arah Lurus dan Arah Cross Dengan Media Rintangan Root Untuk Meningkatkan Ketepatan Smash Pada Atlet Bola Voli. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_novri rajeski_21611251034.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui konstruksi pengembangan model latihan drill smash untuk meningkatkan ketepatan smash pada atlet bola voli, (2) mengetahui kelayakan produk dan (3) Untuk mengetahui Efektivitas produk serta untuk menghasilkan produk pengembangan latihan drill smash arah lurus dan arah cross dengan Media rintangan Root untuk meningkatkan ketepatan smash pada atlet bola voli. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah Borg & Gall, Desain penelitian pengembangan model pengembangan Borg & Gall kemudian diubah dengan lebih sederhana dan juga sesuai kebutuhan peneliti yang melibatkan Tujuh langkah utama: 1)Studi pendahuluan, 2) Perencanaan 3) Desain draf awal, 4) Validasi draf awal dan revisi, 5) Uji coba produk skala kecil dan skala besar 6) Produk akhir, 7) Uji Efektivitas. uji coba skala kecil di lakukan di Ekstrakurikuler universitas dehasen Bengkulu dengan sample 10 orang dan uji coba skala besar di lakukan di Savvana Volyball Club dengan jumlah sample sebanyak 15 orang. Uji Efektifitas di lakukan oleh dua klub tersebut dengan masing-masing di ambil 10 sample menjadi 20 sampel dan di uji melalui uji prasyarat yaitu 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas 3) uji sample t test. Hasil penelitian yaitu Dihasilkan produk akhir berupa model Pengembangan latihan drill smash arah lurus dan arah cross dengan Media rintangan Root untuk meningkatkan ketepatan smash pada atlet bola voli, Dengan Uji kelayakan produk telah di Uji validasi oleh para ahli Media dan juga ahli materi dengan tingkat kelayakan “Sangat layak” yang di analisis melalui pengujian Aiken V, dengan nilai Ahli materi 0,81, ahli media 0,96, uji coba skala kecil 0,90 dan uji coba skala besar 0,93 dengan rata-rata kriteria nilai “Sangat Tinggi”. Produk Memiliki efektifitas yang signifikan. Hal ini di buktikan dengan uji prasyarat meliputi, uji normalitas dengan nilai pre-test 0,087 dan post-test 0,117 dengan data berdistribusi normal, Uji homogenitas dengan taraf signifikan 0,345 dengan data berdistribusi normal dan uji-t untuk menguji data kelompok sampel dengan nilai 0,00 dan di nyatakan terdapat perbedaan atau adanya pengaruh. Maka dari hasil uji tersebut bahwa produk mempunyai efektifitas yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: model latihan, drill smash, ketepatan, bola voli
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:42
Last Modified: 30 Jan 2023 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76231

Actions (login required)

View Item View Item