Pengaruh Penerapan Model Recovery Dengan Precooling (Handuk Basah dan Air Minum Dingin) Terhadap Daya Tahan Otot Lengan Ditinjau Dari Akurasi Memanah Atlet Panahan

Wibowo, Moch. Septian Resi (2023) Pengaruh Penerapan Model Recovery Dengan Precooling (Handuk Basah dan Air Minum Dingin) Terhadap Daya Tahan Otot Lengan Ditinjau Dari Akurasi Memanah Atlet Panahan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_moch septian resi wibowo_20632251010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara pemberian recovery menggunakan metode precooling dengan handuk basah dan air minum dingin terhadap akurasi memanah; (2) perbedaan pengaruh antara atlet dengan daya tahan otot tinggi dan rendah terhadap akurasi memanah; dan (3) interaksi antara pemberian recovery menggunakan metode precooling dengan (handuk basah dan air minum dingin) dengan daya tahan otot (tinggi dan rendah) terhadap akurasi memanah Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet panahan di SELABORA Panahan FIK UNY yang berjumlah 38 atlet, yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu aktif latihan, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, tidak dalam keadaan sakit, bersedia mengikuti aturan pada treatment yang diterapkan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur daya tahan otot adalah Holding Bow Digitec Test dan akurasi memanah yaitu melakukan 36 tembakan anak panah dari jarak 30 meter. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh antara pemberian recovery menggunakan metode precooling dengan handuk basah dan air minum dingin terhadap akurasi memanah atlet panahan di SELABORA Panahan FIK UNY, dengan nilai F 5,261 dan p < 0,05. Kelompok recovery menggunakan metode precooling dengan air minum dingin lebih baik dibandingkan dengan Kelompok recovery menggunakan metode precooling dengan handuk basah, selisih rata-rata kedua kelompok sebesar 4,40. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet dengan daya tahan otot tinggi dan rendah terhadap akurasi memanah atlet panahan di SELABORA Panahan FIK UNY, dengan nilai F 9,783 dan p < 0,05. Atlet yang memiliki daya tahan otot tinggi lebih baik dibandingkan dengan atlet yang memiliki daya tahan otot rendah, dengan selisih rata-rata sebesar 6,00. (3) Ada interaksi yang signifikan antara pemberian recovery menggunakan metode precooling (handuk basah dan air minum dingin) dengan daya tahan otot (tinggi dan rendah) terhadap akurasi memanah atlet panahan di SELABORA Panahan FIK UNY, dengan nilai F 22,011 dan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok recovery menggunakan metode precooling dengan air minum dingin merupakan metode yang lebih efektif digunakan dibandingkan dengan Kelompok recovery menggunakan metode precooling dengan handuk basah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: precooling handuk basah, precooling air minum dingin, daya tahan otot, akurasi memanah
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:06
Last Modified: 25 Jan 2023 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76224

Actions (login required)

View Item View Item