Analisis Kebijakan Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Sleman dalam Pembinaan Pekan Olahraga Daerah DIY Tahun 2022

Dewi, Dwastarino Candra (2023) Analisis Kebijakan Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Sleman dalam Pembinaan Pekan Olahraga Daerah DIY Tahun 2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dwastarino candra dewi_18603144014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Prestasi olahraga dapat berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan menjadi parameter kejayaan bangsa. Oleh karena itu kebijakan-kebijakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai organisasi atau lembaga untuk mengelola dan membina olahraga prestasi akan sangat berpengaruh pada hasil prestasi olahraga. Salah satu prestasi olahraga tingkat daerah yang cukup membanggakan adalah prestasi kontingen Sleman pada Pekan Olahraga daerah (PORDA) DIY ke XVI tahun 2022. Hal ini menarik untuk diteliti mengenai kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh KONI Kabupaten Sleman dalam pembinaan atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dari kebijakan yang telah diterapkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sleman terhadap pembinaan Pekan Olahraga Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara dan studi dokumen terhadap sumber data. Sedangkan untuk analisis data dibagi dalam 3 urutan yang terjadi dalam saat bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa kebijakan dalam rencana strategis yang ditetapkan oleh KONI Sleman telah sesuai dengan tahap-tahap kebijakan yang meliputi tahap penyusunan agenda, formulasi kebijakan, implementasi kebijakan, evaluasi kebijakan, dan kebijakan baru sudah berdampak baik pada pembinaan dan prestasi olahraga. Hal tersebut terbukti dengan berhasilnya pembinaan atlet sehingga pada Pekan Olahraga Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta XVI tahun 2022 kontingen Sleman mampu meraih juara umum dengan perolehan 164 keping medali emas, 159 keping medali perak dan 155 keping medali perunggu. Namun ada beberapa faktor pendukung yang harus ditingkatkan yaitu peningkatan pendanaan dan peningkatan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sumarjo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: analisis, kebijakan, pembinaan olahraga, PORDA
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:59
Last Modified: 25 Jan 2023 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76221

Actions (login required)

View Item View Item