Pengembangan Media Permainan Berangkai Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar

Sulaiman, Nunung (2023) Pengembangan Media Permainan Berangkai Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nunung sulaiman_19711251029.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan berangkai untuk meningkatkan gerak dasar peserta didik pada jenjang sekolah dasar. Pengembangan Media Permainan Berangkai Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar ini mempunyai karakteristik permainan yang menyenangkan serta mudah dilakukan oleh peserta didik. Media permainan berangkai ini sesuai dengan karakteristik anak senang bermain dan mencoba hal yang baru untuk dilakukan. Penelitian ini diawali dengan observasi permasalahan, pembuatan produk dengan memvalidasikan produk terhadap ahli materi dan media serta layak sesuai dengan penilaian ahli. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur atau langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangakan produk awal, 3) uji validasi ahli dan uji reabilitas produk, 4) uji coba skala kecil dan besar, 5) revisi produk, 6) penyusunan produk final. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 dari sekolah dasar negeri Semarangan 1, Semarangan 2, Semarangan 4, Sidoluhur. Uji validasi menggunakan validasi isi dan uji reabilitas menggunakan Indeks Kesesuaian Kasar (Crude Index Agreemnt), rentang koefisien permainan adalah 0,50 sampai 0,90 yang menunjukkan hasil valid. Uji efektifitas dengan pengujian uji Pretest-Posttest (uji t) dari hasil nilai test TGMD 2. Hasil peneltian ini berupa media permainan untuk meningkatkan gerak dasar siswa sekolah dasar. Permainan tersebut terdiri dari 6 pos yang berbeda yang mempunyai tujuan meningkatkan gerak dasar yang meliputi non lokomotor, manipulative, lokomotor bagi peserta didik. Permainan bagian 1 merangkak, bagian 2 jump jack, bagian 3 berlari zig-zag, bagian 4 squat jump, bagian 5 melempar bola, bagian 6 menggiring bola. Pengujian uji t test TGMD 2 dilakukan pada pertemuan pertama dan akhir dari pertemuan. Hasil uji Pretest-Posttest dengan test TGMD 2 didapatkan nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 < 0.05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil uji Pretest-Posttest sehingga produk yang dihasilkan layak untuk digunakan serta efektif untuk meningkatkan gerak dasar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Panggung Sutapa, M.S.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, media, permainan berangkai, gerak dasar, Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:36
Last Modified: 30 Jan 2023 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76219

Actions (login required)

View Item View Item