Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android Kelas 7

Kurniawan, Apri Dwi (2023) Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android Kelas 7. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_apri dwi kurniawan_20633251002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Android ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam mencari referensi perangkat pembelajaran kurikulum merdeka serta memudahkan guru membawa perangkat pembelajaran karena bisa dibuka dimana saja kapan saja dengan mudah. Pengembangan aplikasi perangkat pembelajaran berupa referensi perangkat pembelajaran berbasis Android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Develompment (R&D) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementationdan Evaluating. Aplikasi Perangkat pembelajaran berbasis Android yang telah dibuat peneliti melalui proses validasi dan dinyatakan valid oleh pakar dibidangnya, untuk ahli materi dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli Media. Implementasi dilakukan pada 20 guru PJOK SMP di kabupaten Bantul. Dalam penelitian ini analisis dilakukan pada data kuisioner dengan 4 alternatif jawaban. Untuk keperluan analisis lebih lanjut dengan membandingkan hasil penilaian tiap aspek dengan tingkat kelayakan yang diharapkan kemudian dituangkan dalam bentuk Persentase. Hasil pengembangan (1) produk yang dikembangkan telah melewati berbagai tahap pengembangan seperti proses pengumpulan bahan, pembuatan produk, tahap validasi ahli materi, ahli media, implementasi produk kepada guru PJOK SMP di kabupaten Bantul, dan mendapatkan produk akhir, (2) Produk yang dibuat masuk kategori baik dan Layak untuk digunakan, (3) produk telah diimplementasikan dan terbukti mendapat sambutan positif dengan harapan besar untuk kedepanya.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, Android, referensi, kurikulum merdeka
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:42
Last Modified: 25 Jan 2023 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76218

Actions (login required)

View Item View Item