MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS IV SDN TINATAR II KECAMATAN PUNUNG PACITAN

Affif Cahya, Pradiatama (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS IV SDN TINATAR II KECAMATAN PUNUNG PACITAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244098.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244098.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244098.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244098.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244098.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk Sekolah Dasar Negeri Tinatar II Kecamatan Punung Pacitan. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri Tinatar II Pacitan. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tinatar II Pacitan. Siswa kelas IV ini berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk hasil tes dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tinatar II Pacitan. Pada tahap awal sebelum dilakukan tindakan dari 15 siswa kelas IV SD Negerii Tinatar II Pacitan yang dinyatakan lulus atau telah mencapai nilai ketuntasan sebanyak 5 siswa atau 33,3% dan siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan sebanyak 10 siswa atau 66,7% dengan nilai rata-rata 68,7. Pada pelaksanaan tindakan siklus I terdapat sebanyak 9 siswa atau sebesar 60% dinyatakan lulus atau mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,9. Siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan atau belum lulus ada 6 siswa atau sebesar 40%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II terdapat sebanyak 12 siswa atau sebesar 80% siswa yang dinyatakan lulus atau mencapai nilai ketuntasan. Siswa yang belum lulus ada 3 siswa atau 20% dengan nilai rata-rata sebesar 73,8.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Subjects: Pendidikan > Sejarah Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 02:50
Last Modified: 08 Sep 2015 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7621

Actions (login required)

View Item View Item