Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Inquiry- Training-Group Investigation Berbasis Sumber Daya Alam Teluk Tomini untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif.

Kusumah, Sandy Abdi and Atun, Sri (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Inquiry- Training-Group Investigation Berbasis Sumber Daya Alam Teluk Tomini untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sandy abdi kusumah-15703269001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kimia inquiry training-group investigation (IT-GI) berbasis sumber daya alam Teluk Tomini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (KBKs) dan keterampilan berpikir kreatif (KBKf) peserta didik sekolah menengah atas (SMA) di pesisir. Penelitian ini menggunakan desain research and development model prototyping Nieveen yang terdiri dari tiga langkah, yaitu (1) preliminary research, untuk mengkaji literatur dan penelitian-penelitian yang terkait yang menghasilkan pedoman dan blueprint awal; (2) prototyping stage, untuk mengembangkan prototype, yang diujicoba dan direvisi atas dasar evaluasi formatif; dan (3) assessment stage, untuk mengevaluasi penggunaan produk dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik di tiga SMA di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi model dan perangkat pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan model, tes keterampilan berpikir kritis, dan tes keterampilan berpikir kreatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, uji Hotelling’s T2, dan uji Two Way MANOVA. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran kimia IT- GI yang dikembangkan memenuhi kriteria layak. Hal ini dibuktikan berdasarkan penilaian validitas melalui expert judgement terhadap sintaks, sistem sosial, prinsip-prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional, dan pengiring dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan RPP, LKS, lembar penilaian KBKs dan KBKf, keterlaksanaan model pembelajaran, dan angket respon peserta didik termasuk dalam kriteria sangat baik. (2) Tidak ada perbedaan KBKs dan KBKf secara simultan dan parsial yang diterapkan antara model pembelajaran kimia IT- GI yang dikembangkan dan pembelajaran langsung dari beberapa SMA yang berbeda level (tinggi, sedang, rendah). (3) Ada perbedaan KBKs dan KBKf secara simultan dan parsial yang diterapkan antara model pembelajaran kimia IT-GI yang dikembangkan dan pembelajaran langsung dari peserta didik SMA. (4) Tidak ada perbedaan KBKs dan KBKf secara simultan dan parsial dari peserta didik yang berbeda level SMA. (5) Sumbangan efektif model pembelajaran kimia IT-GI yang dikembangkan dan level SMA terhadap KBKs dan KBKf secara simultan sebesar 1,3% dan parsial sebesar 0,1% dan 1,9%. (6) Sumbangan efektif model pembelajaran kimia IT-GI yang dikembangkan terhadap KBKs dan KBKf secara simultan sebesar 51,5% dan parsial sebesar 49,7% dan 41,8%. (7) Sumbangan efektif level SMA terhadap KBKs dan KBKf secara simultan sebesar 2,1% dan parsial sebesar 0,1% dan 1,9%. Implikasi dari hasil tersebut dapat dijadikan model untuk dikembangkan pada mata pelajaran lain yang akan memanfaatkan potensi daerah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: IT-GI, keterampilan berpikir kritis dan kreatif, pembelajaran kimia, sumber daya alam, Teluk Tomini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:38
Last Modified: 30 Jan 2023 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76202

Actions (login required)

View Item View Item