Model Pembelajaran Interdisciplinary Brainstorming Hypothetical Inquiry untuk Peningkatan Holistic Higher Order Thinking dalam Pemecahan Permasalahan Lingkungan pada Mahasiswa S1 Biologi dan Pendidikan Biologi.

Mualimin, Mualimin and Subali, Bambang (2022) Model Pembelajaran Interdisciplinary Brainstorming Hypothetical Inquiry untuk Peningkatan Holistic Higher Order Thinking dalam Pemecahan Permasalahan Lingkungan pada Mahasiswa S1 Biologi dan Pendidikan Biologi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-mualimin-19703261036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Interdisciplinary Brainstorming Hypothetical Inquiry (IBHI) yang: (1) layak, (2) praktis, dan (3) efektif untuk peningkatan Holistic Higher Order Thinking (H-HOT) dalam pemecahan permasalahan lingkungan pada mahasiswa S1 Biologi dan Pendidikan Biologi. Penelitian merupakan design and development reasearch (DDR) dengan enam tahapan langkah yakni: (1) mengidentifikasi masalah, (2) mendeskripsikan tujuan, (3) mendesain dan mengembangkan artefak (produk), (4) menguji produk hasil desain dan pengembangan, (5) mengevaluasi hasil pengujian produk, dan (6) mengkomunikasikan hasil pengujian produk. Produk model pembelajaran IBHI yang dikembangkan diuji coba melalui: (1) uji kelayakan melalui reviu dan penilaian dosen ahli pendidikan, penilaian, dan ilmu lingkungan; (2) uji kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model IBHI, serta meminta tanggapan dosen dan mahasiswa pengguna setelah penerapan model; (3) uji keefektifan secara eksperimen kuasi dengan menggunakan populasi hipotetik dan sampel konvenien yakni mahasiswa S1 Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Instrumen penelitian meliputi lembar reviu dan penilaian dosen ahli, soal tes kemampuan H-HOT dalam pemecahan permasalahan lingkungan, lembar observasi keterlaksanaan model IBHI, kuesioner tanggapan dosen dan mahasiswa pengguna model IBHI. Data penelitian berupa: (1) data hasil reviu dan penilaian dosen ahli yang dianalisis secara deskriptif kualitatif; (2) data hasil observasi keterlaksanaan model IBHI, serta tanggapan dosen dan mahasiswa pengguna model IBHI yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif; (3) data kemampuan H-HOT dalam pemecahan permasalahan lingkungan pada mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran IBHI: (1) layak berdasarkan penilaian dan kesepakatan dosen ahli pendidikan, penilaian, dan ilmu lingkungan dalam Forum Group Discussion (FGD); (2) praktis berdasarkan skor keterlaksanaan pembelajaran yakni 4,54 (sangat baik) di UAD dan 4,60 (sangat baik) di UNY, serta skor respon dosen pengguna yakni 4,0 (sangat praktis) dan mahasiswa pengguna yakni 4,32 (sangat praktis); (3) potensial efektif berdasarkan nilai N-Gain peningkatan H-HOT dalam pemecahan permasalahan lingkungan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen yakni 0,49 (sedang) dibanding kelas kontrol yakni 0,24 (rendah), serta berdasarkan hasil uji independent sample t-test hasil post-test dengan nilai signifikansi 0,00 (sig.< 0,05) menunjukkan adanya perbedaan rata-rata H-HOT dalam pemecahan permasalahan lingkungan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran model IBHI berpusat pada peserta didik, di mana mahasiswa secara aktif dalam suasana belajar kolaboratif dan demokratis didorong untuk melakukan kegiatan menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi solusi pemecahan permasalahan lingkungan secara interdisipliner melalui kegiatan penyelidikan berbasis hipotesis. Implementasi setiap tahapan langkah (sintaks) pembelajaran dalam model IBHI meliputi: (1) orientation, (2) brainstorming, (3) hypothesizing, (4) exploration/experimentation design, (5) exploration/experimentation, (6) data interpretation, dan (7) communication, mampu mendorong mahasiswa dalam peningkatan aspek atau dimensi H-HOT dalam pemecahan permasalahan lingkungan. Penelitian ini menyimpulkan model pembelajaran IBHI yang dihasilkan layak, praktis, dan potensial efektf untuk peningkatan H-HOT dalam pemecahan permasalahan lingkungan pada mahasiswa S1 Biologi dan Pendidikan Biologi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: H-HOT, IBHI, permasalahan lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:38
Last Modified: 24 Jan 2023 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76194

Actions (login required)

View Item View Item