Peningkatan Keterampilan Passing Bawah dan Antusias Peserta Didik Kelas VII Melalui Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bola Voli

Subagya, Firstraha Cleanida Bangas (2023) Peningkatan Keterampilan Passing Bawah dan Antusias Peserta Didik Kelas VII Melalui Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bola Voli. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_firstraha cleanida bangas subagya_19601244003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dan antusias Peserta Didik kelas VII melalui model Cooperative Learning dalam pembelajaran bolavoli di SMP N 2 Piyungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrument tes dan observasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didi. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta Didik kelas VII SMP N 2 Piyungan tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 Peserta Didik. Teknis analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat 4 Peserta Didik berhasil memenuhi KKM dengan persentase 20 % sedangkan pada siklus II terdapat 7 Peserta Didik berhasil memenuhi KKM dengan persentase 35%. Selain itu juga terdapat peningkatan antusias para siswa dalam pembelajaran. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe STAD berhasil membantu meningkatkan kemampuan minimal passing bawah yang telah ditetapkan. Selain itu, model pembelajaran ini juga efektif dalam meningkatkan antusias para siswa kelas VII karaena sesuai dengan proses yang diinginkan yang menuju pada peningkatan hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: keterampilan, cooperative learning, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:41
Last Modified: 30 Jan 2023 02:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76193

Actions (login required)

View Item View Item