Pengembangan Model Pembelajaran dalam Kegiatan Laboratorium Fisika Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Peserta Didik SMA.

Sulistiyono, Sulistiyono and Mundilarto, Mundilarto (2022) Pengembangan Model Pembelajaran dalam Kegiatan Laboratorium Fisika Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Peserta Didik SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sulistiyono-14703261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA, (2) menghasilkan model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter yang praktis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA, (3) menghasilkan model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Desain penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada desain penelitian dan pengembangan oleh Plomp, yang terdiri atas lima tahap yaitu: (1) tahap pengkajian awal, (2) tahap perancangan, (3) tahap realisasi atau konstruksi, (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) tahap implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: teknik angket, tes, dan observasi (pengamatan). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, uji-t dan MANOVA. Hasil penelitian terbagi atas tiga poin, (1) model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter untuk meningkatkan hasil belajar dan nilai karakter peserta didik SMA memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian expert judgement terhadap model, sintaks, dan perangkat pembelajarannya dengan kategori sangat baik, (2) model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter memenuhi kriteria praktis berdasarkan uji kepraktisan oleh guru fisika terhadap RPP (sangat baik), LKPD (sangat baik), lembar penilaian hasil belajar (sangat baik), lembar observasi nilai karakter (sangat baik) dan lembar keterlaksanaan pembelajaran (sangat baik), (3) model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter memenuhi kriteria efektif. Hasil uji- t pada uji coba terbatas diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter secara signifikan, ada perbedaan hasil nilai karakter peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter. Hasil uji MANOVA pada uji coba luas menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan nilai karakter antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan laboratorium fisika berbasis karakter dan konvensional secara signifikan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kegiatan laboratorium fisika, hasil belajar, nilai karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:43
Last Modified: 24 Jan 2023 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76187

Actions (login required)

View Item View Item