EVALUASI PELAKSANAAN KURSUS ONLINE BAHASA KOREA DI LEMBAGA KOREAN FIRST

Nabilla, Tasya Puspa (2020) EVALUASI PELAKSANAAN KURSUS ONLINE BAHASA KOREA DI LEMBAGA KOREAN FIRST. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_tasya puspa nabilla_16102244008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran kursus Bahasa Korea di Lembaga Korean First, (2) pemahaman warga belajar dalam mengakses web LMS, (3) motivasi belajar belajar terhadap pelaksanaan kursus online Bahasa Korea, (4) evaluasi pembelajaran pada kursus online Bahasa Korea. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk warga belajar dan instruktur berdasarkan model evaluasi 4 Level Kirkpatrick (Level Reaction, Level Learning, Level Behavior dan Level Result). Kuesioner untuk warga belajar terdiri dari 52 pertanyaan, kuesioner untuk instruktur terdiri dari 50 pertanyaan. Populasi berupa seluruh warga belajar dan seluruh instruktur kursus online Bahasa Korea di Lembaga Korean First dengan sampel berjumlah 87 warga belajar dan 5 instruktur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tabel krecjie-morgan untuk menentukan sampel minimun dan analisis data menggunakan rumus mean, standar deviasi dan hasil analisis diinterpretasikan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor evaluasi terhadap warga belajar sebesar 65,50% yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan model evaluasi 4 Level Kirkpatrick diperoleh skor evaluasi warga belajar: (1) level reaction sebesar 62,10% termasuk pada kategori tinggi, (2) level learning sebesar 69,00% termasuk pada kategori tinggi, (3) level behavior sebesar 50,60% termasuk pada kategori sedang, dan (4) level result sebesar 60,90% termasuk pada kategori tinggi. Selanjutnya berdasarkan model evaluasi 4 Level Kirkpatrick diperoleh skor evaluasi instruktur: (1) level learning sebesar 80,00% termasuk pada kategori sedang, (2) level behavior sebesar 80,00% termasuk pada kategori sedang, dan (3) level result sebesar 80,00% termasuk pada kategori sedang

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kursus online, model evaluasi 4 level Kirckpatrick.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:14
Last Modified: 24 Jan 2023 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76186

Actions (login required)

View Item View Item