Kurniawati, Nikita Indah (2020) POLA PEMBIMBINGAN KLIEN ANAK DALAM PENANGANAN KENAKALAN DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KELAS II KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_nikita indah kurniawati_16102241004.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apa saja bentuk kenakalan remaja yang ditangani oleh BAPAS Klaten, (2) Bagaimana pola pembimbingan yang diberkan untuk klien anak di Bapas Klaten, (3) Bagaimana hasil bimbingan dalam menjalankan bimbingan di Bapas Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Pembimbing Kemasyarakatan dan Klien Anak di Balai Pemasyarakatan Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode interaktif yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data dan verifikasi serta, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangualasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk kenakalan anak yang ditangani oleh BAPAS Klaten adalah kenakalan khusus yang meliputi: pencurian, penyalahgunaan obat-obatan terlarang, dan kejahatan seksual. (2) Pola pembimbingan yang diberikan oleh BAPAS melalu Pembimbing Kemasyarakatan untuk Klien ada berbagai macam, diantaranya Pembimbing Kemasyarakatan perlu berperan sebagai Klien Anak saat sedang melakukan bimbingan konseling, penugasan hafalan surat pendek yang dilakukan seminggu sekali untuk melakukan bimbingan ketaqwaan, dan untuk bimbingan kemandirian yang berupa pelatihan kerja adalah dengan Klien menandatangi lembar absensi yang diberikan oleh pihak BAPAS kepada tempat pelatihan kerja seperti bengkel dan kemudian Klien Anak mengikuti atau membantu pihak bengkel dalam melakukan pekerjaannya sambil mengambil gambar kegiatan pelatihan membengkel yang selanjutnya pihak bengkel mengirim gambar tersebut kepada BAPAS sebagai bukti bahwa Klien Anak melaksanakan tugasnya. (3) Hasil dari Pola Pembimbingan Klien Anak di BAPAS Klaten dapat dikatakan berhasil karena Klien Anak, menurut Pembimbing Kemasyarakatan selalu menaati aturan dan tidak pernah mengulangi atau melanggar hukum selama melaksanakan bimbingan di BAPAS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Nonformal, Bentuk Kenakalan Remaja, Pola Pembimbingan di BAPAS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 03:22 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76168 |
Actions (login required)
View Item |