Pengembangan Modifikasi Sepak Bola Lapangan Lingkaran Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Deresan Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Putra, Viresta Bayu Pratama (2023) Pengembangan Modifikasi Sepak Bola Lapangan Lingkaran Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Deresan Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_viresta bayu pratama putra_18604224034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modifikasi sepak bola lapangan lingkaran pada peserta didik sekolah Dasar Negeri Deresan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan modifikasi sepak bola lapangan lingkaran. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini bermaksud menciptakan produk berupa modifikasi sepak bola lapangan lingkaran di SD N Deresan. Di mana memodifikasi lapangan ini akan mempermudah peserta didik serta membuat peserta didik tidak bosan dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Pada penelitian ini tahapan pengembangan hanya sampai tahap ke enam, yaitu: potensi dan masalah, design, validation, revisi dan uji lapangan sehingga belum melakukan proses produksi masal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut: Hasil dari validasi dari Ahli Materi diperoleh persentase sebesar 68%, hasil dari validasi Ahli Media diperoleh persentase sebesar 77%, hasil dari validasi Ahli Lapangan diperoleh persentase sebesar 71%., berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan Modifikasi Sepak Bola Lapangan Lingkaran pada peserta didik kelas V layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut: Hasil pada uji coba pemakaian produk Modifikasi Sepak Bola Lapangan Lingkaran diperoleh sebesar 63%, hasil tersebut dapat disimpulkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan Modifikasi Sepak Bola Lapangan Lingkaran adalah baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: modifikasi, keaktifan, sepak bola lingkaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:10
Last Modified: 25 Jan 2023 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76157

Actions (login required)

View Item View Item