Pengaruh Trx dan Body Weight Training Terhadap Daya Tahan Otot dan Akurasi Atlet Panahan U-18 Ditinjau Dari Kekuatan Otot Lengan

Cahyo, Febriansyah Dwi (2023) Pengaruh Trx dan Body Weight Training Terhadap Daya Tahan Otot dan Akurasi Atlet Panahan U-18 Ditinjau Dari Kekuatan Otot Lengan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_febriansyah dwi cahyo_21611251026.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1 Perbedaan pengaruh metode latihan TRX dan Body Weight Training terhadap daya tahan otot lengan dan akurasi memanah. (2) Perbedaan pengaruh antara atlet dengan kekuatan otot lengan tinggi dan rendah terhadap Daya tahan Otot lengan dan akurasi memanah. (3) interaksi antara metode latihan TRX dan Body Weight Training dengan kekuatan otot tinggi dan rendah terhadap daya tahan otot lengan dan akurasi memanah Atlet Panahan Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan two group pretest-post test eksperimental design. Populasi penelitian merupakan atlet panahan U-18 Kabupaten Banyumas berjumlah 38 orang yang dibagi menjadi empat kelompok secara ordinal pairing sehingga didapat sampel berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan hand grip dynamometer, side leaning test. dan tes memanah 30 meter. Teknik analisis data menggunakan uji beda two way ANOVA. Hasil Penelitian (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan TRX dan Theraband terhadap Daya Tahan Otot Lengan dan akurasi memanah, Kelompok latihan TRX lebih baik dibandingkan dengan kelompok latihan Body Weight Training. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Atlet dengan kekuatan otot tinggi dan rendah terhadap Daya Tahan Otot Lengan dan akurasi memanah. (3) Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan TRX dan Body Weight Training dengan kekuatan otot lengan (tinggi dan rendah) terhadap Daya Tahan Otot Lengan dan Tidak ada interaksi yang signifikan pada akurasi memanah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: TRX, Body Weight Training, akurasi, daya tahan, kekuatan, otot lengan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jan 2023 06:38
Last Modified: 18 Jan 2023 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76141

Actions (login required)

View Item View Item