Hubungan Antara Panjang Tungkai dan Daya Ledak Otot Dengan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Atlet SMA Negeri 2 Pringsewu Lampung

Sari, Lilis Puspita (2023) Hubungan Antara Panjang Tungkai dan Daya Ledak Otot Dengan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Atlet SMA Negeri 2 Pringsewu Lampung. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_lilis puspita sari_19601241013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara panjang tungkai dan daya ledak otot dengan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada atlet SMA Negeri 2 Pringsewu Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet SMA Negeri 2 Pringsewu yang berjumlah 56 Atlet. Sampel penelitian ini adalah atlet yang memiliki kriteria yang sudah ditentukan peneliti dan berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey yaitu test dan pengukuran dengan instrumen berupa pengukuran panjang tungkai, Standing Board Jump untuk power otot tungkai serta lompat jauh gaya jongkok untuk mengetahui kemampuan serta keterampilan lompat jauh gaya jongkok atlet sampai sejauh mana. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada atlet SMA Negeri 2 Pringsewu Lampung karena hasil analisis korelasi diperoleh koefesien korelasi sebesar 0,917 dengan sumbangan efektif sebesar 19,9%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak otot dengan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada atlet SMA Negeri 2 Pringsewu Lampung karena hasil analisis korelasi diperoleh koefesien korelasi sebesar 0,983 dengan sumbangan efektif sebesar 27,2%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dan daya ledak otot dengan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada atlet SMA Negeri 2 Pringsewu Lampung karena hasil analisis korelasi diperoleh koefesien korelasi sebesar 0,981 termasuk dalam kategori sangat kuat. Hasil analisis regresi ganda dengan uji F diperoleh r hitung = 0,981 > r (0,05)(31) = 27,27 dan harga F hitung 503,36 > F tabel 8,353 pada taraf 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 47,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: panjang tungkai, daya ledak otot, dan lompat jauh gaya jongkok
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:39
Last Modified: 17 Jan 2023 07:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76130

Actions (login required)

View Item View Item