PENERAPAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN BABARSARI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

AMIN, AMIN (2012) PENERAPAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN BABARSARI DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 07110244015.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07110244015.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07110244015.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07110244015.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07110244015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kebijakan pendidikan karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Di SDN Babarsari Depok Sleman Yogyakarta, serta mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Di SDN Babarsari Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik di SDN Babarsari Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan di sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Babarsari yaitu: (1) pada awal dan akhir kegiatan belajar mengajar selalu berdoa, (2) adanya pre test atau tanya jawab yang diberikan di awal pertemuan dan memberikan tugas/PR di akhir pelajaran, (3) menumbuhkan sikap kedisiplinan di dalam kelas, (4) setiap seminggu sekali siswa belajar di laboratorium untuk mata pelajaran bahasa, IPA dan komputer, (5) pada hari Senin dan Selasa menggunakan bahasa Indonesia, Rabu dan Kamis berbahasa Inggris, Jumat dan Sabtu diusahakan menggunakan bahasa Jawa baik di luar kelas maupun di dalam kelas, (6) memberikan jam tambahan pelajaran bagi siswa kelas VI dalam menghadapi UASBN. Di bidang non akademik, penerapan pendidikan karakter diterapkan pada: (1) kegiatan pramuka yang diadakan 2 Minggu sekali, (2) kerja bakti dan gerakan penghijauan di lingkungan sekolah sebulan sekali, (3) kebersihan kelas menjadi tanggung jawab siswa. Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter di SDN Babarsari yaitu: (1) kepala sekolah sudah paham akan konsep pendidikan karakter, (2) sarana dan prasarana yang menunjang dalam kegiatan belajar mengajar, (3) peran aktif kepala sekolah dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambat: (1) tidak adanya pedoman yang pasti dari pemerintah atau dinas dalam penerapan pendidikan karakter, (2) faktor lingkungan siswa, (3) perkembangan teknologi yang disalahgunakan siswa (game online dan playstation), (4) kebijakan pemerintah yang meniadakan ujian tes saat masuk sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebijakan, pendidikan karakter, prestasi belajar
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Filsafat Sosiologi dan Pendidikan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 02:23
Last Modified: 27 Nov 2012 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item