PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL-SRL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MULTIMEDIA

Cobena, Desy Yanty (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL-SRL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MULTIMEDIA. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TESIS COBENA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran PjBL-SRL yang layak dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Animasi 3D di kelas XI SMK Multimedia dan mengetahui keefektifannya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan di SMK Veteran 1 Sukoharjo dengan subjek penelitian siswa kelas XI Jurusan Multimedia. Data diperoleh dari siswa, guru, dan dari kajian pustaka. Untuk memperolehnya, dilakukan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengukur kelayakan model dilakukan ahli pembelajaran dengan menggunakan skala penilaian dan oleh guru dengan melakukan FGD. Selanjutnya, keefektifan model dalam meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa diukur dengan instrumen penilaian hasil belajar dan kuesioner kemandirian belajar. Analisa data penelitian menggunakan uji Mann White dan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) model PjBL-SRL yang sesuai memiliki sintaks: a) Pengenalan Proyek (mengenalkan proyek dan menentukan produk), b) Perencanaan (memfasilitasi siswa menyusun perencanaan proyek), c) Pengembangan Diri (memfasilitasi siswa mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan), d) Pembuatan Produk dan Perbaikan (membuat produk dan melakukan perbaikan berdasarkan masukan yang diterima), e) Penyajian (menyajikan produk), f) Evaluasi dan Refleksi (melakukan evaluasi kinerja dan proyek serta melakukan refleksi); 2) berdasarkan penilaian ahli, model PjBL-SRL dinyatakan sangat layak; 3) Model PjBL-SRL efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Dengan demikian maka model pembelajaran ini dapat direkomendasikan untuk dilaksanakan di sekolah. Selain itu, rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, model sebaiknya dikembangkan pada mata pelajaran lainnya dan dilakukan pengembangan perangkat pendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran PjBL-SRL, hasil belajar, kemandirian belajar.
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:45
Last Modified: 16 Jan 2023 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76115

Actions (login required)

View Item View Item