Pengukuran Kemampuan Calon Guru Profesional dalam Menyusun Soal Asesmen Kompetensi Minimum.

Salamah, Ummu and Istiyono, Edi (2022) Pengukuran Kemampuan Calon Guru Profesional dalam Menyusun Soal Asesmen Kompetensi Minimum. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ummu salamah-20701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen yang dapat mengukur kemampuan calon guru profesional dalam menyusun soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan konstruk yang baik. (2) Mendeskripsikan kualitas instrumen pengukuran kemampuan calon guru profesional dalam menyusun soal Asesmen Kompetensi Minimum yang telah dikembangkan. (3) Mendeskripsikan profil kemampuan calon guru profesional dalam menyusun soal Asesmen Kompetensi Minimum yang berhasil dipotret dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan. (4) Mendeskripsikan keefektifan instrumen pengukuran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Prosedur pengembangan menggunakan 10 langkah pengembangan instrumen dari Mardapi. Uji coba yang dilakukan adalah uji coba terbatas untuk mengetahui keterbacaan dan kelayakan instrumen. Subjek uji coba yaitu 30 peserta dari 68 jumlah populsi peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Angkatan IV tahun 2021 Universitas Negeri Makassar yang telah mengikuti serangkaian proses pendidikan akan tetapi belum berhasil lulus pada ujian akhir. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrumen tes yang telah dikembangkan. Teknik analisis data untuk menguji kualitas instrumen dengan Exploratory Factor Analysis. Teknik analisi data untuk mendeskripsikan kemampuan guru merupakan hasil analisis dari empat rater. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan bantuan softwere Ministep untuk aspek pengetahuan dan Many Facets Rasch Model untukaspek keterampilan menyusun soal. Teknik analisis data untuk keefektifan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) konstruk instrumen pengukuran kemampuan calon guru profesional mencakup komponen konten, konteks, kognitif proses dan bentuk soal pada aspek pengetahuan terdiri atas 10 butir soal pilihan ganda dan pada aspek keterampilan dalam menyusun soal terdiri atas dua soal essai (2) Kualitas instrumen pengukuran ini telah memenuhi syarat-syarat instrumen yang baik meliputi valid secara isi dan konstruk, memiliki keandalan yang baik untuk mengukur kemampuan calon guru profesional dalam menyusun soal Asesmen Kompetensi Minimum baik yang berkemampuan rendah, sedang maupun tinggi serta memiliki karakteristik tingkat kesulitan yang baik (3) kemampuan calon guru profesional mengenai pengetahuan komponen penyusunan soal asesmen dibagi menjadi tiga kategori kemampuan yaitu 13,3% yang memiliki kemampuan tinggi, 53,3% yang memiliki kemampuan sedang, dan 33,3% yang memiliki kemampuan rendah. Kemampuan calon guru profesional mengenai kemampuan dalam menyusun soal asesmen kompetensi minimum juga dibagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan bentuk soal yang disusun, yaitu pilihan ganda kompleks, pilihan ganda, isian singkat, uraian objektif, dan menjodohkan (4) berdasarkan hasil analisis keefetifan instrumen, instrumen yang dikembangkan cukup efektif untuk mengukur kemampuan calon guru profesional dalam menyusun soal Asesmen Kompetensi Minimum.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: asesmen kompetensi minimum, calon guru profesional, instrumen, pengukuran kemampuan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:21
Last Modified: 16 Jan 2023 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76108

Actions (login required)

View Item View Item