Identifikasi Kemampuan Kardio Respirasi (VO2Max), IMT, Body Fat, dan Visceral Fat Ibu Rumah Tangga Usia 26-59 Tahun Pasca Pandemi Covid-19

Permana, Fiki Cahya (2023) Identifikasi Kemampuan Kardio Respirasi (VO2Max), IMT, Body Fat, dan Visceral Fat Ibu Rumah Tangga Usia 26-59 Tahun Pasca Pandemi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_fiki cahya permana_19603141022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang identifikasi kemampuan kardio respirasi, IMT, body fat, dan visceral fat ibu rumah tangga Dusun Karanggayam pasca pandemi covid-19. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kebugaran jasmani ibu rumah tangga setelah terjadi wabah covid-19 yang sempat membuat kegiatan olahraga, sosial, dan perekonomian sempat terhenti sehingga para ibu rumah tangga di Dusun Karanggayam memiliki gaya hidup pasif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan empat variabel yaitu tingkat kemampuan kardio respirasi, IMT, body fat, dan visceral fat dengan sampel ibu rumah tangga Dusun Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Peneliti menggunakan 25 orang ibu rumah tangga yang diambil secara purposive sampling. Instumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Rockport Test dan alat ukur OMRON untuk mengukur body fat, visceral fat, dan IMT. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kardio respirasi adalah ibu rumah tangga termasuk dalam kategori Kurang Sekali sebanyak 12 orang (48%), termasuk dalam kategori Kurang sebanyak 12 orang (48%), dan kategori cukup sebanyak 1 orang (4%). Tingkat persentase body fat dalam kategori Sangat Tinggi sebanyak 15 orang (60%), Tinggi sebanyak 6 orang (24%), Normal sebanyak 3 orang (12%), dan Rendah sebanyak 1 orang (4%). Tingkat Persentase visceral fat dalam kategori Tinggi sebanyak 9 orang (36%), kategori Sangat Tinggi sebanyak 9 orang (36%), dan Normal sebanyak 7 orang (28%). Tingkat IMT dalam kategori Obesitas sebanyak 11 orang (44%), Berat Badan Berlebih sebanyak 8 orang (32%), dan Normal sebanyak 6 orang (24%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kardio respirasi, body fat, visceral fat, IMT, ibu rumah tangga
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:43
Last Modified: 24 Jan 2023 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76090

Actions (login required)

View Item View Item