IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MASTER KAUNY PADA EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ QURAN DI SDIT LHI YOGYAKARTA

Khairani, Mufidah (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MASTER KAUNY PADA EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ QURAN DI SDIT LHI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_mufidah khairani_14102244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Master Kauny pada ekstrakulikuler tahfidz Quran di SDIT LHI Yogyakarta. Hal-hal yang dikaji dalam penelitian ini mencakup (1) mendeskripsikan peranan dari tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik dan sikap pendidik didalam proses pembelajaran Master Kauny, (2) mendeskripsikan pengelolaan ekstrakulikuler tahfidz Quran di SDIT LHI Yogyakarta, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat didalam pengimplementasian metode pembelajaran Master Kauny pada ekstrakulikuler tahfidz di SDIT LHI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari manajer internal rumah Quran dan pendidik kelas 1 dan 2 ekstrakulikuler tahfidz Quran. Dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan sikap pendidik berperan penting dalam proses pembelajarannya karena ketiganya mempengaruhi presentasi keberhasilan dari proses pembelajaran Master Kauny, (2) pengelolaan ekstrakulikuler cukup baik terlihat dari komunikasi antar pihak sekolah dengan pengelola ekstrakulikuler yang terjalin baik, dengan perencanaan yang baik dimulai dari pencarian pendidik, pencarian peserta didik, pemilihan surat, koordinasi pendidik, persiapan penerapan metode, dan pertemuan pertama. Selanjutnya tahapan pelaksanaan yang juga berjalan dengan lancar dimulai dari pembukaan, penyampaian motivasi, murojaah 1, ziyadah, istirahat, kegiatan kreativitas, murojaah 2, dan penutup. Diakhir pertemuan terdapat evaluasi atau penilaian hasil belajar dengan menyetorkan seluruh ayat yang telah dihafalkan selama proses pembelajaran, (3) faktor pendukung, terdapat sumber pengetahuan, fasilitas yang memadai, pengelola yang komunikatif, terdapat panduan pembelajaran, pendidik yang cepat belajar, karakteristik peserta didik yang religius, kemampuan awal peserta didik yang memadai, untuk faktor penghambat, kurangnya pemahaman pendidik akan tujuan pembelajaran, pendidik yang kurang pengalaman, minimnya pengetahuan pendidik akan metode pembelajaran, karakter peserta didik yang aktif dan cenderung suka bermain, pengkoordinasian gaya belajar, dan peserta didik cenderung memiliki motivasi eksterinsik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Master Kauny, ekstrakulikuler, tahfidz Quran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:47
Last Modified: 10 Jan 2023 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76070

Actions (login required)

View Item View Item