Pengaruh Latihan Sprint di Tangga dan di Tanjakan terhadap Peningkatan Power Tungkai Ditinjau dari Kecepatan pada Atlet Aerobic Gymnastic

Taufiqurrahman, T. Fahmi (2022) Pengaruh Latihan Sprint di Tangga dan di Tanjakan terhadap Peningkatan Power Tungkai Ditinjau dari Kecepatan pada Atlet Aerobic Gymnastic. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_t.fahmi taufiqurrahman_20732251012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara latihan sprint di tangga dan di tanjakan terhadap power tungkai. (2) Perbedaan pengaruh antara atlet dengan kecepatan tinggi dan rendah terhadap power tungkai. (3) Interaksi antara latihan sprint (di tangga dan di tanjakan) dengan kecepatan (tinggi dan rendah) terhadap power tungkai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet senam perempuan Pekanbaru berusia 14-19 tahun yang berjumlah 20 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecepatan menggunakan tes lari 50 meter dan power tungkai yaitu tes vertical jump. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan sprint di tangga dan di tanjakan terhadap power tungkai atlet aerobic gymnastic, dengan nilai F 8,000 dan p < 0,05. Kelompok latihan sprint di tangga lebih baik dibandingkan dengan kelompok latihan sprint di tanjakan, selisih rata-rata kedua kelompok sebesar 1,00 cm. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet dengan kecepatan tinggi dan rendah terhadap power tungkai atlet aerobic gymnastic, dengan nilai F 5,120 dan p < 0,05. Atlet yang memiliki kecepatan tinggi tinggi lebih baik dibandingkan dengan atlet yang memiliki kecepatan rendah, dengan selisih rata-rata sebesar 0,8 cm. (3) Ada interaksi yang signifikan antara latihan sprint (di tangga dan di tanjakan) dengan kecepatan (tinggi dan rendah) terhadap power tungkai atlet aerobic gymnastic, dengan nilai F 15,680 dan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok latihan latihan sprint di tangga merupakan metode yang lebih efektif digunakan untuk atlet yang memiliki kecepatan tinggi dan kelompok metode latihan latihan sprint di tanjakan lebih efektif digunakan untuk atlet yang memiliki kecepatan rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: sprint di tangga, sprint di tanjakan, power tungkai, kecepatan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:45
Last Modified: 10 Jan 2023 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76065

Actions (login required)

View Item View Item