Pengaruh Latihan Menggunakan Resistance Band Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai dan Keseimbangan Atlet Taekwondo Bantul

Firdausi, Aulia Ulfiana (2022) Pengaruh Latihan Menggunakan Resistance Band Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai dan Keseimbangan Atlet Taekwondo Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aulia ulfiana firdausi_19602244008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan menggunakan resistance band terhadap peningkatan power otot tungkai dan keseimbangan atlet taekwondo bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dalam artian penelitian eksperimen memiliki treatment dan desain penelitian quansi experimental design dengan menggunakan metode one grup pretest-posttest design, yaitu terdiri dari satu kelompok tanpa adanya kelompok control. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Taekwondo Bantul berjumlah 1.764 atlet dari 64 dojang. Teknik yang digunakan untuk menetukan sampel dengan Purposive sampling. Kriteria yang di ambil adalah para atlet berusia 14-17 Tahun (Kategori Junior) yang memiliki prestasi Taekwondo di ajang Nasional/Internasional. Sampel dalam penelitian ini atlet Taekwondo Bantul berjumlah 20 atlet. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan One Sampel Kolmogorov Smirnov didapatkan bahwa semua data terdistribusi normal dikarenakan nilai sig lebih dari 0.05 sehingga analisis data dilanjutkan menggunakan analisis statistik parametrik. Hasil uji homogenitas Pretest-Post test Bass Tes dan Triple Hop Test diperoleh nilai sig (0,903 dan 0,889) dan hasil tersebut > 0,05 sehingga data Pretest-Post test Bass Tes dan Triple Hop Tes dinyatakan bersifat homogen. uji Paired Samples T Test. didapat : Sig.2 tailed pretest dan post test Triple Hop Test didapat (0,00) yang berarti < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan post test, Triple Hop Test melalui latihan Latihan Pembebanan Menggunakan Resistance Band Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Dan Keseimbangan Atlet Taekwondo Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: power otot tungkai, keseimbangan, resistance band, taekwondo
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:37
Last Modified: 26 Sep 2023 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76063

Actions (login required)

View Item View Item