UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PASSING BAWAHDALAM BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOLA PANTUL PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 3 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Ardiyansyah Al Asyari (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PASSING BAWAHDALAM BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOLA PANTUL PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 3 KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. S1 thesis, FIK.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 331.pdf

Download (35MB) | Preview
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII D di SMP Negeri 3 Paguyangan, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar passing bawah permainan bola voli melalui pendekatan bermain bola pantul pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Paguyangan Tahun pelajaran 2012/2013 sehingga tercapai ketuntasan belajar. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII D SMP 3 Paguyangan yang berjumlah 41 orang, siswa putera berjumlah 20 orang dan siswa puteri berjumlah 21 orang. Sumber data penelitian ini berupa data kuantitatif berupa data prestasi belajar yang terdiri dari penilaian unjuk kerja, penilaian sikap dan data penelitian pemahaman konsep. Sedangkan data kualitatifnya berupa data hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Setting penelitian mengambil tempat dikelas VIII D SMP 3 Paguyangan Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang di programkan dalam dua siklus: siklus I pembelajaran passing bawah permainan bola voli dengan pendekatan bermain bola pantul berpasangan bergantian tanpa menggunakan net dan menggunakan net dengan bola menyebrang diatas net; Siklus II, pembelajaran passing bawah bola voli dengan pendekatan pertandingan passing bawah dengan menggunakan bola pantul. Berdasarkan kondisi awal prestasi belajar passing bawah siswa kelas VIII D belum mencapai ketuntasan minimal yaitu baru mencapai angka 5.31 untuk nilai prestasi belajar, adapun batas ketuntasan minimal yang telah disepakati pihak sekolah adalah 7.00. setelah diberikan pembelajaran dengan metode pendekatan bermain bola pantul, melalui tahapan 2 siklus terjadi peningkatan yang berarti yaitu pada akhir siklus I nilai prestasi belajar meningkat menjadi 6.90 dan diakhir siklus II meningkat menjadi 8.55. Atas dasar hasil penelitian tersebut, maka metode bermain bola pantul dapat meningkatkan prestasi belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII D. dan diharapkan metode ini juga bisa meningkatkan prestasi belajar passing bawah bola voli pada kelas yang lainya. Kata Kunci : Meningkatkan, Prestasi belajar, Bola voli, Bermain, Bola pantul vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7606

Actions (login required)

View Item View Item