Pengaruh Latihan Small Side Game dan Latihan Drill Passing Terhadap Kemampuan Passing Atlet Futsal Porda Sleman Ditinjau dari Motivasi

Djaba, Hajarul Susanto Walid (2023) Pengaruh Latihan Small Side Game dan Latihan Drill Passing Terhadap Kemampuan Passing Atlet Futsal Porda Sleman Ditinjau dari Motivasi. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hajarul susanto walid djaba_20732251037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh latihan small side game terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. (2) Pengaruh latihan drill passing terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. (3) Perbedaan pengaruh latihan small side game dan latihan drill passing terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. (4) Perbedaan pengaruh atlet yang memiliki motivasi tinggi dan rendah terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. (5) Interaksi antara latihan small side game dan latihan drill passing dan motivasi (tinggi dan rendah) terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet futsal putri Porda Sleman yang berjumlah 41 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan random sampling berjumlah 20 atlet. Instrumen yang digunakan untuk mengukur passing menggunakan tes passing dan motivasi yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan latihan small side game terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman, dengan t hitung 4,811 > t tabel 2,262, dan p < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan latihan drill passing terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman, dengan t hitung 5,582 > t tabel 2,262, dan p < 0,05. (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan latihan small side game dan latihan drill passing terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. Kelompok latihan small side game lebih baik dibandingkan latihan drill passing sebesar 1,50, dengan selisih rata-rata 0,90. (4) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan atlet yang memiliki motivasi tinggi dan rendah terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. Atlet yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan atlet yang memiliki motivasi rendah, dengan selisih rata-rata 1,50. (4) Terdapat interaksi antara latihan small side game dan latihan drill passing dan motivasi (tinggi dan rendah) terhadap kemampuan passing atlet futsal putri Porda Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok metode latihan small side game merupakan metode yang lebih efektif digunakan untuk atlet yang memiliki motivasi tinggi dan kelompok metode latihan latihan drill passing efektif digunakan untuk atlet yang memiliki motivasi rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: small side game, drill passing, motivasi, kemampuan passing
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:18
Last Modified: 10 Jan 2023 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76056

Actions (login required)

View Item View Item