PERAN TUTOR DALAM MENGATASI KETERBATASAN MEDIA PEMBELAJARAN DI PKBM WIRATAMA YOGYAKARTA

Gunawan, Hendri (2020) PERAN TUTOR DALAM MENGATASI KETERBATASAN MEDIA PEMBELAJARAN DI PKBM WIRATAMA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_hendri gunawan_13102244021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran tutor didalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran, (2) Untuk mendeskripsikan peran tutor dadalam mengatasi proses pembelajaran didalam kelas dengan keterbatasan media pembeajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu tutor, peserta didik, pengelola yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan interaktive model menurut Miles dan Huberman (Sugiyono,2013) melalui pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions). Hasil penelitian menunjukan (1) peran tutor dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran tutor membuat media pembelajaran PowerPoint dan audio visual seperti film. Dalam pembuatan media pembelajaran PowerPoint tutor menyiapkan topik materi yang akan dipresentasikan. Tutor membuat kerangka utama materi. Tutor menginput kerangka utama kedalam slide di PowerPoint. Tutor membuat background agar slide menarik. Tutor memasukan gambar ke dalam slide yang sudah dipersiapkan, mengatur animasi slide di PowerPoint. Dalam membuat film sebagai media pembelajaran tutor memilih atau mencari film terlebih dahulu. Tutor membaca deskripsi film dan mempertimbangkan durasi film tersebut. Tutor menonton filmnya terlebih dahulu sebelum film tersebut ditayangkan kepada peserta didik. (2) peran tutor dadalam mengatasi proses pembelajaran didalam kelas dengan keterbatasan media pembeajaran tutor membuat bahan ajar Kreativitas Trend Mode yaitu membuat animasi yang menggunakan aplikasi animaker. Reaksi peserta didik dengan bahan ajar kreativitas trend mode yaitu kagum dengan animasi yang dibuat dan peserta didik antusias didalam mengikuti pembelajaran. Dampak membuat bahan ajar tersebut untuk pembelajaran yaitu pertama, meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik karena memiliki kemampuan untuk memaparkan sesuatu yang rumit melalui stimulus audio visual. Kedua, menciptakan pembelajaran menjadi efektif, menyenangkan, tidak membosankan sehingga mempercepat proses penyampaian materi kepada peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran Tutor, Media Pembelajaran, PKBM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:11
Last Modified: 06 Jan 2023 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76025

Actions (login required)

View Item View Item