PELAKSANAAN PEMBIASAAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KB SALMA SKB KOTA YOGYAKARTA

Suryani, Tri (2020) PELAKSANAAN PEMBIASAAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KB SALMA SKB KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_tri suryani_16102241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral pada anak usia 2 – 4 tahun di KB Salma, (2) mendeskripsikan metode yang digunakan dalam penanaman nilai agama dan moral, (3) mengetahui faktor pendukung pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral, dan (4) mengetahui penghambat pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu ketua pengelola dan pendidik Kelompok Bermain Salma. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral dilakukan melalui proses penyusunan perencanaan yang berpedoman pada kurikulum 2013 dan dilaksanakan melalui kegiatan rutin sekolah, kegiatan terprogram, kegiatan spontan, dan kegiatan teladan. (2) metode pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral adalah melalui metode teladan, metode pemberian hadiah/ pemberian hukuman, metode ceramah, metode permainan, metode karya wisata, dan metode cerita. (3) faktor pendukung dalam pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral adalah adanya faktor fasilitas yang sudah memadai, adanya pendidik yang kompeten dan bisa menjadi teladan baik bagi peserta didik, adanya kurikulum yang sesuai, dan adanya dukungan dari orang tua atau wali peserta didik. (4) faktor penghambat dalam pelaksanaan nilai agama dan moral yaitu adanya pengaruh lingkungan rumah dan juga pengaruh gadget yang sangat mempengaruhi pembentukan pembiasaan nilai agama dan moral pada anak, kurang konsistennya orang tua dalam mendukung pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral yang terlihat saat beberapa orang tua terlambat mengantar anaknya, dan kendala saat ada beberapa anak yang tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembiasaan, agama dan moral, pendidikan anak usia dini.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:44
Last Modified: 05 Jan 2023 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76019

Actions (login required)

View Item View Item